Minggu , 25 Juni 2017

Home » Suara Kedu » Wonosobo Dipuji Sebagai Kabupaten yang Junjung Tinggi Pluralisme

Wonosobo Dipuji Sebagai Kabupaten yang Junjung Tinggi Pluralisme

19 Juni 2017 22:22 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
Sejumlah tokoh lintas agama melakukan Dialog Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Lintas Agama Kabupaten Wonosobo di Rumah Makan Sari Rasa, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

Sejumlah tokoh lintas agama melakukan Dialog Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Lintas Agama Kabupaten Wonosobo di Rumah Makan Sari Rasa, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com – Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Wonosobo senantiasa bersatu menangkal paham radikal agar tidak tumbuh di Kabupaten Wonosobo. Pasalnya, saat ini Kabupaten Wonosobo telah mendapat banyak pujian sebagai kabupaten yang menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme.

Hal itu disampaikan Agus saat kegiatan Dialog Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Lintas Agama Kabupaten Wonosobo di Rumah Makan Sari Rasa, baru-baru ini. Kegiatan digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Forum Komunikasi Gereja-Gereja Wonosobo (FKGW) dan didukung FGBMI, PMII, Gusdurian, Gerakan Pemuda Ansor Wonosobo.

Dia menilai, saat ini situasi dan kondisi di Kabupaten Wonosobo aman dan kondusif. Meski pun diakui terdapat banyak keragaman masyarakat dalam berorganisasi keagamaan mau pun menganut aliran kepercayaan.

“Mari bersatu menangkal paham radikal agar tidak tumbuh di Wonosobo. Karena saat ini Kabupaten Wonosobo telah dapat pujian sebagai kabupaten yang menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme,” ungkapnya.

Pihaknya mengharapkan, seluruh masyarakat maupun elemen dalam organisasi keagamaan mau pun aliran kepercayaan tetap menjaga toleransi melalui bingkai persaudaraan. Setiap warga masyarakat sudah seyogyanya menjaga persatuan dan kesatuan.

“Di tengah keberagaman dan perbedaan, saya berharap masyarakat tetap menjalin rasa kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Wonosobo,” harap dia.

Hal itu diamini sejumlah tokoh lintas agama di Kabupaten Wonosobo. Mereka sepakat akan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika.

“Meski pun berbeda-beda kami tetap sepakat untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, menjaga keutuhan NKRI dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” ujar
Pendeta Setiaji Wiratmoko, perwakilan GKJ Wonosobo.
(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)

Wonosobo Dipuji Sebagai Kabupaten yang Junjung Tinggi Pluralisme Reviewed by on . [caption id="attachment_1079955" align="alignnone" width="400"] Sejumlah tokoh lintas agama melakukan Dialog Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Lintas Agama Kabu [caption id="attachment_1079955" align="alignnone" width="400"] Sejumlah tokoh lintas agama melakukan Dialog Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama Lintas Agama Kabu Rating: 0