Minggu , 25 Juni 2017

Home » Suara Pantura » Warga Bisa Daftar JKN-KIS di Kantor Kecamatan

Warga Bisa Daftar JKN-KIS di Kantor Kecamatan

20 Juni 2017 0:27 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Asep Subana menyerahkan dropbox pendaftaran peserta JKN-KIS kepada Wali Kota Achmad Alf Arslan Djunaid untuk didistribusikan di empat kantor kecamatan, Senin (19/6). (SM/ Isnawati)

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Asep Subana menyerahkan dropbox pendaftaran peserta JKN-KIS kepada Wali Kota Achmad Alf Arslan Djunaid untuk didistribusikan di empat kantor kecamatan, Senin (19/6). (SM/ Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pekalongan membuka akses pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di kantor-kantor kecamatan di Kota Pekalongan. Pendaftaran di kantor kecamatan difasilitasi dengan layanan dropbox.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Asep Subana menyerahkan empat unit dropbox pendaftaran peserta JKN-KIS kepada Wali Kota Achmad Alf Arslan Djunaid di Ruang Kresna Setda, Senin (19/6). Selanjutnya, empat unit dropbox tersebut diserahkan kepada camat di empat wilayah.

Asep Subana mengatakan, layanan dropbox pendaftaran peserta JKN-KIS tersebut sebagai upaya untuk mempercepat cakupan semesta (universal coverage) peserta JKN-KIS. Yakni 95 persen dari jumlah populasi penduduk harus sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada 1 Januari 2019.

Dijelaskan Asep, saat ini masih ada 26 persen penduduk Kota Pekalongan atau 76.785 jiwa belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Karena itu, untuk memudahkan dan mendekatkan warga yang belum mendaftar, BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan menempatkan dropbox di kantor-kantor kecamatan.

“Dari survei, 26 persen warga belum mendaftar JKN-KIS karena belum ada waktu. Adanya dropbox ini untuk mendekatkan layanan. Jadi, warga yang akan mendaftar sebagai peserta JKN-KIS tidak perlu datang ke Kantor BPJS, tetapi cukup ke kantor kecamatan. Warga bisa langsung memasukkan formulir pendaftaran di dropbox, sehingga tidak usah bolak-balik,”paparnya.

Menurut dia, setelah diproses dan tiga hari setelah pembayaran iuran pertama, kartu JKN-KIS bisa diterima. “Warga tinggal diam di rumah, tunggu kartu dikirim ke rumah,” sambungnya. Asep mengatakan, ke depan, layanan dropbox akan diperluas jangkauannya hingga kelurahan. Sehingga masyarakat bisa lebih mudah lagi saat akan mendaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan telah menyebar 28 dropbox pendaftaran peserta JKN-KIS di kantor-kantor pos cabang di Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan. “Harapan kami, dengan adanya layanan dropbox ini, target universal coverage bisa tercapai,” harapnya.

Terkait hal ini, Wali Kota meminta kepada petugas di kantor kecamatan untuk ikut menyosialisasikan kepada warga agar mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. “Saya berharap, dropbox ini tidak hanya pajangan. Tapi ada edukasi. Petugas di kecamatan saya harap bisa menitipkan pesan kepada warga dan mengajak warga untuk mendaftar JKN-KIS,” pesannya.

Penyerahan dropbox kecamatan hari itu dirangkai dengan sosialisasi kepada person in charge (PIC). Pada acara itu, juga diserahkan kartu JKN-KIS kepada perwakilan peserta JKN-KIS kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari empat kecamatan.

(Isnawati/ CN34/ SM Network)

Warga Bisa Daftar JKN-KIS di Kantor Kecamatan Reviewed by on . [caption id="attachment_1080515" align="alignnone" width="369"] Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Asep Subana menyerahkan dropbox pendaftaran peserta JKN [caption id="attachment_1080515" align="alignnone" width="369"] Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Asep Subana menyerahkan dropbox pendaftaran peserta JKN Rating: 0