Minggu , 25 Juni 2017

Home » Semarang Metro » Unnes Terima 2.215 Mahasiswa lewat Jalur Seleksi Mandiri

Unnes Terima 2.215 Mahasiswa lewat Jalur Seleksi Mandiri

20 Juni 2017 1:15 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini akan menerima mahasiswa  melalui Seleksi Mandiri (SM) sebanyak 2.215 mahasiswa. Jumlah tersebut merupakan 30% dari total mahasiswa baru 2017 Unnes yang diterima sebanyak 6.868.

Rektor Unnes Fathur Rokhman mengungkapkan jumlah tersebut akan diterima di 8 fakultas dengan 70 progranstudi. Para mahasiswa selain harus melalui test tertulis, pihak Unnes juga akan mempertimbangkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jika mahasiswa sudah pernah mengikuti seleksi tersebut.

”Keduanya dikombinasikan dan kemudian diperoleh hasilnya sesuai standar yang sudah ditentukan,” jelasnya didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Humas Unnes Hendi Pratama di ruang Rektorat, Senin (19/6).

Secara teknis, lanjut dia, tes akan dilakukan dengan cara paper based testing, yaitu tes tertulis dengan mengisi lembar jawaban. Pendaftaran seleksi mandiri sudah dibuka mulai 10 Mei lalu dan berakhir 24 Juni 2017, sedangkan tes tertulis akan dilaksanakan 8 Juli.

”Selain ujian tulis juga akan dilaksanakan ujian tulis pada 9 Juli, ujian ketrampilan pada 10 Juli dan pengumuman hasilnya pada 14 Juli. Selain itu juga ada seleksi wawancara yang digelar pada 22 Juli. Adapun untuk pengumuman hasil seleksi akhir dilaksanakan pada 25 Juli,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof Fathur Rokhman juga mengungkapkan bahwa tahun ini, Unnes juga membuka kelas internasional. Dalam proses belajar mengajarnya, rombongan belajar (rombel) merupakan mahasiswa pilihan dengan kemampuan akademik tinggi dan memiliki TOEFL minimal 500.

”Ada sepuluh program studi yang membuka kelas internasional ini. Seluruh mahasiswa yang diterima di sepuluh prodi ini akan dites Bahasa Inggris-nya dan yang meraih nilai terbaik akan masuk ke dalam kelas internasional,” paparnya.

Menurut dia, kurikulum prodi internasional ini telah dikaji dan divalidasi oleh konsultan internasional dan Massey University New Zaeland. Pengajarnya pun juga merupakan dosen Unnes yang memiliki kemampuan dalam mengajar kelas internasional dan sebagian besar lulusan luar negeri.

(Arie W/ CN34/ SM Network)

Unnes Terima 2.215 Mahasiswa lewat Jalur Seleksi Mandiri Reviewed by on . [caption id="attachment_1025752" align="alignnone" width="394"] Ilustrasi: Istimewa[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) t [caption id="attachment_1025752" align="alignnone" width="394"] Ilustrasi: Istimewa[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) t Rating: 0