Selasa , 27 Juni 2017

Home » Suara Muria » Uji Coba Pabrik Semen di Rembang Sampai Juni

Uji Coba Pabrik Semen di Rembang Sampai Juni

20 Maret 2017 4:45 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
SIAP BEROPERASI: Bangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia, di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu sudah terprogres sekitar 96,6 persen dan sudah dalam tahap uji coba. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

SIAP BEROPERASI: Bangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia, di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu sudah terprogres sekitar 96,6 persen dan sudah dalam tahap uji coba. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Managemen PT Semen Indonesia memastikan saat ini pabrik semen di Desa Kadiwono Kabupaten Rembang statusnya masih adalam tahap uji coba. Umumnya tahap uji coba akan memakan waktu tiga bulan.

Sehingga paling cepat tahap uji coba pabrik semen di Rembang baru akan selesai pada Jun 2017 mendatang. Selama masa uji coba, managemen akan melakukan pengecekan dan evaluasi semua peralatan dan fasilitas pendukung pabrik.

Sekretaris PT Semen Indonesia, Agung Wiharto menyatakan, selama masa uji coba pabrik semen di Rembang tidak akan melakukan produksi untuk komersial. Selama masa tiga bulan ke depan, perusahaan akan melihat sejauh mana kesiapan fasilitas penunjang produksi.

Oleh karena itu, dalam masa uji coba ini PT Semen Indonesia belum melakukan kegiatan penambangan. Bahan baku uji coba produksi sementara didroping dari pabrik semen di Tuban.

“Intinya selama masa uji coba, kami tidak akan melakukan kegiatan produksi untuk keperluan komersial. Kami berjalan pelan-pelan. Material juga kami datangkan dari Tuban. Paling cepat produksi komesial bisa dilakukan Juni mendatang,,” terang Agung.

Menurut Agung, jika Juni nanti pabrik semen di Rembang mulai produksi komersial maka pada Desember mendatang diperkirakan akan ada hasil produksi sekitar satu juta ton. Angka itu di bawah target yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar tiga juta ton per tahun.

Terkait dengan harapan Menteri BUMN, Rini Mariani Sumarno supaya pabrik bisa dilaunching Presiden pada April mendatang, perusahaan akan menyesuaikan. Agung menjamin, seluruh peralatan perusahaan sudah siap dan bisa digunakan.

“Rencana launching pada April mendatang itu bukan keinginan kami. Namun jika Presiden meminta kami siap. Semuanya sudah selesai,” ujar dia.

Sebelumnya, saat meninjau lokasi pabrija pada Jumat pekan lalu, Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarn mengungkapkan harapan agar pabrik milik negeri itu segera beroperasi secara penuh. Masa uji coba pabrik yang saat ini tengah berlangsung juga diharapkan bisa lancar dan tanpa halangan apa pun.

Rini juga meminta kepada seluruh pihak agar bisa menjaga pabrik. Sehingga keberadaannya di Kabupaten Rembang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas. “Di wilayah yang masuk di kawasan ring sau masing ada dua desa yang belum memiliki embung. Target, tahun ini harus ada,” jelas Rini.

(Ilyas al-Musthofa/CN39/SM Network)

Uji Coba Pabrik Semen di Rembang Sampai Juni Reviewed by on . [caption id="attachment_981429" align="alignnone" width="400"] SIAP BEROPERASI: Bangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia, di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu [caption id="attachment_981429" align="alignnone" width="400"] SIAP BEROPERASI: Bangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia, di Desa Kadiwono Kecamatan Bulu Rating: 0