Minggu , 25 Juni 2017

Home » Suara Pantura » Tol Fungsional Brebes-Batang Resmi Dibuka 24 Jam

Tol Fungsional Brebes-Batang Resmi Dibuka 24 Jam

Urai Kemacetan di Tol Brexit

20 Juni 2017 1:59 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
Ratusan kendaraan pemudik terlihat antre di pintu tol Kaligangsa sebagai pintu masuk ke ruas tol fungsional Brebes-Pemalang-Batang yang resmi dibuka mulai, Senin (19/6). Sementara Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang meresmikan pembukaan tol itu membantu pelayanan digardu pembayaran sambil memberikan himbauan kepada para pemudik. (SM/ Bayu Setiawan)

Ratusan kendaraan pemudik terlihat antre di pintu tol Kaligangsa sebagai pintu masuk ke ruas tol fungsional Brebes-Pemalang-Batang yang resmi dibuka mulai, Senin (19/6).  (SM/ Bayu Setiawan)

BREBES, suaramerdeka.com – Ruas jalan tol fungsional Brebes-Pemalang-Batang resmi dibuka penggunaannya oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Senin (19/7) sekitar pukul 14.00. Jalan bebas hambatan sepanjang 110 kilometer itu kini sudah bisa dilalui kendaraan pemudik dari arah Jakarta ke Semarang selama 24 jam penuh. Langkah tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan di tol Brebes Timur saat arus mudik Lebaran ini.

Dibukanya tol fungsional itu mendapat respon positif dari pemudik. Ratusan kendaraan pemudik langsung antre di gerbang tol Kaligangsa, Brebes sebagai pintu masuk ke tol tersebut. Bahkan, Kapolda sempat membantu melayani pemudik yang akan melintas di tol Brebes-Pemalang-Batang di loket pembayaran, sambil memberikan himbauan agar berhati-hati melintasi tol tersebut. Sementara di gerbang tol Brexit, kendaraan terpantau lebih lancar setelah dibukanya tol fungsional. Sebab, sebagian kendaraan pemudik dengan tujuan Semarang lebih mamanfaatkan tol yang baru dibukan tersebut.

“Hari ini tol fungsional ini kami buka bagi kendaraan pemudik. Awal pemberangkatan kendaraan pemudik di tol ini kami kawal lebih dahulu supaya kecepatan normal 40 km/ jam. Untuk melintas tol ini, kecepatan maksimal kami batasi 40 km dan dengan kecepatan ini untuk sampai pintu tol Gringsing akan ditempuh selama 3 jam,” ungkap Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono usai membuka penggunaan tol fungsional Brebes-Pemalang-Batang di gerbang tol Kaligangsa, Brebes.

Karena masih bersifat fungsional, kata Kapolda, pemudik yang melintas tetap harus hati-hati. Kecepatan tidak boleh lebih dari 40 km/ jam. Kemudian, untuk penerangan juga tersedia secara permanen. Namun jajarannya telah memasang sebanyak 29 lampu SAR yang dipasang setiap 4 km dan dapat menerangi hingga radius 100 meter.

Selain itu, setiap 5 km akan ada mobil patroli Polisi Jalan Raya (PJR), terutama malam hari untuk memberikan tanda agar lebih berhati-hati. “Kami juga sudah sosialisasikan terus kepada pemudik, karena untuk tol fungsional ini masih ada perlintasan yang melalui rumah-rumah penduduk,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelum dibuka tol fungsional dilakukan pembersihan dan penyiraman, termasuk sterilisasi hingga pintu tol Grinsing (Batang). Setelah dipastikan siap, baru dibuka bagi kendaraan pemudik.

“Tadi ternyata masyarakat antusias memakai tol fungsional ini. Mereka saat saya tanya rata-rata pemudik dengan tujuan Surabaya, Demak, Temanggung. Sedangkan untuk bus kami keluarkan melalui pintu tol Brexit,” ujarnya.

Terkait volume kendaraan pada H-6 Lebaran, Kapolda menambahkan, saat ini sudah ada peningkatan volume kendaraan yang segnifikan. Pada kondisi normal di Brexit ada sebanyak 17.000 kendaraan yang melintas, tetapi saat ini sudah mencapai 26.000 kendaraan. “Hari ini memang ada peningkatan volume kendaraan, tetapi masih terkendali,” sambungnya.

Sementara Kepala Cabang Pengelola Tol Kanci Pejagan Pemalang, Zulmarlian Iskandar mengatakan, tol fungsional itu hanya diperuntukan bagi kendaraan ukuran kecil atau pribadi. Untuk melayani para pemudik tersebut, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 10 gardu pembayaran dengan daya tampung 35.000 – 40.000 kendaraan per hari.

Gerbang tol itu merupakan pintu terakhir bagi kendaraan yang akan melintasi ruas Brebes-Pemalang-Batang dari arah Jakarta. Selepas itu, di tol fungsional pemudik digratiskan. “Yang jelas, untuk saat ini kami siap melayani pemudik, makannya hari ini kami buka,” ujarnya.

(Bayu Setiawan/ CN34/ SM Network)

Tol Fungsional Brebes-Batang Resmi Dibuka 24 Jam Reviewed by on . [caption id="attachment_1080525" align="alignnone" width="361"] Ratusan kendaraan pemudik terlihat antre di pintu tol Kaligangsa sebagai pintu masuk ke ruas tol [caption id="attachment_1080525" align="alignnone" width="361"] Ratusan kendaraan pemudik terlihat antre di pintu tol Kaligangsa sebagai pintu masuk ke ruas tol Rating: 0