Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Nasional » TKI Prosedural Makin Dimanjakan

TKI Prosedural Makin Dimanjakan

21 Maret 2017 0:27 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: suaramerdeka.com/A Adib

Foto: suaramerdeka.com/A Adib

JAKARTA, suaramerdeka.com – Ini satu bukti lagi tenaga kerjs Indonesia (TKI) prosedural memperoleh perhatian yang berlapis. Selain pemerintah, kini tiga pilar yakni diplomat, akademisi dan TKl yang bekerja di Korea Selatan turut urun rembug. Mereka menerbitkan buku ’99 Kiat Sukses Bekerja di Korea’

Sebagai tanda buku itu mempunyai validitas yang tinggi, jajaran BNP2TKI, Direktur Jenderal Employment Permit System di Jakarta Jong Byun-Hyun, kalangan perbankan, perusahaan asuransi dan diplomat Korea Selatan untuk Indonesia menghadiri peluncuran tersebut.

Di samping 28 calon TKI yang berangkat ke Korea Selatan, Senin sore, (20/3) serta 39 calon TKI yang tengah mengikuti preliminary session di gedung KITCC, Ciracas, Jakarta-Timur yang juga menjadi tempat peluncuran buku.

Ada lima hal wajib yang harus diikuti calon TKI, mempunyai dokumen asli dan lengkap, mempersiapkan diri secara matang, menaati peraturan, kerja rajin dan siap berwiraswasta. Selain itu ada lima hal yang jangan dilakukan yaitu menggunakan calo, berfoya-foya, lupa istirahat, merusak citra Indonesia dan menjadi TKI illegal, ungkap buku saku tersebut.

“Buku ini lahir karena saya seringnya memperoleh pengaduan dari para TKI. Ada yang mengalami kecelakaan kerja, hidup berfoya-foya dan macam-macam lagi,” kata Aji Surya, Konselor Minister pada Kedubes RI di Seoul, Korea Selatan. “Pengaduan itu berasal dari seluruh Korea. Biasanya saya menemui para TKI tiap Sabtu-Minggu.”

Aji Surya, yang salah satu tugasnya melindungi TKI, kemudian menghubungi Suray yang mengajar TKI di Universitas Terbuka Korea. Tidak hanya itu, Wawan yang tengah bekerja juga diminta bantuan melakukan pemeriksaan silang. Lalu apakah materi yang dikumpulkan itu dapat diterapkan atau tidak.

Ketiga ‘pilar’ bertemu setiap minggu, sampai akhirnya sepakat membuat buku yang kalimatnya singkat, mudah dicerna, bergambar dan sarat informasi yang diperlukan bagi mereka yang ingin bekerja di Korea Selatan. Menurut Aji Surya, buku dikerjakan mulai Maret – Desember tahun lalu. Topik yang dibahas mulai dari persiapan sampai kembali ke Tanah Air dan berwiraswasta.

Berbicara di awal acara, Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro mengemukakan sumber kunci sukses adalah mempelajari budaya, peraturan-peraturan kemudian berusaha (bekerja) dan berdoa. Sementara sukses itu mencakup sukses spiritual, keuangan, kesehatan, keluarga (ayem, tentrem) dan sosial.

(A Adib/CN39/SM Network)

TKI Prosedural Makin Dimanjakan Reviewed by on . [caption id="attachment_982445" align="alignnone" width="360"] Foto: suaramerdeka.com/A Adib[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com – Ini satu bukti lagi tenaga ke [caption id="attachment_982445" align="alignnone" width="360"] Foto: suaramerdeka.com/A Adib[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com – Ini satu bukti lagi tenaga ke Rating: 0