Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Pilkada Serentak » Tiga Daerah di Jawa Tengah Belum Tetapkan Kepala Daerah Terpilih

Tiga Daerah di Jawa Tengah Belum Tetapkan Kepala Daerah Terpilih

21 Maret 2017 7:48 WIB Category: Pilkada Serentak Dikunjungi: kali A+ / A-
Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tiga daerah di Jawa Tengah yang baru saja melaksanakan Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 lalu, sampai saat ini belum bisa memutuskan kepala daerah terpilih. Hal itu menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo, dikarenakan masih ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tiga daerah tersebut masing-masing Kota Salatiga, Kabupaten Jepara dan Pati. Persidangan pertama sudah dilaksanakan pada Jumat (17/3) lalu dan MK telah menjadwalkan sidang dengan agenda jawaban dan bukti-bukti dari pihak tergugat, yaitu KPU masing-masing daerah pada Selasa (21/3),” kata Joko.

Pihaknya akan mengikuti jadwal persidangan dari MK dan belum bisa memastikan kapan KPU tiga Kabupaten/Kota tersebut menetapkan Pasangan Calon kepala daerah terpilih.

Tiga persidangan di MK tersebut antara lain, Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Jepara Nomor Perkara 2/PHP.BUP-XV/2017 dengan pemohon Subroto dan Nur Yahman, PHP Bupati Pati Nomor Perkara 4/PHP.BUP-XV/2017 dengan pemohon Gerakan Masyarakat Pati dan PHP Kota Salatiga dengan Nomor Perkara 30/PHP.KOT-XV/2017 dengan pemohon Agus Rudianto dan Dance Ishak Palit.

Sementara Wakil Ketua Bidang HAM, Hukum, Advokasi dan Keamanan DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bonaventura menyatakan, gugatan PHP Kota Salatiga optimis bisa diterima MK karena syarat mengajukan gugatan telah sesuai dengan undang-undang yang ada dan Peraturan MK.

“Kami optimis bisa memenangkan gugatan karena di Kota Salatiga terdapat banyak kecurangan yang terstruktur, masif dan sistematis. Kami siap jika nantinya MK memutus PSU (Pemungutan Suara Ulang),” tutur pria yang menyebut perkara PHP Kota Salatiga langsung ditangani oleh DPP PDI Perjuangan.

Adapun dua gugatan lain, pihaknya termasuk sebagai pihak yang tergugat dan ia yakin tidak diterima oleh MK karena tidak sesuai yang ada di dalam UU Pemilihan Kepala Daerah dan Peraturan MK.

(Puthut Ami Luhur / CN26 / SM Network)

Tiga Daerah di Jawa Tengah Belum Tetapkan Kepala Daerah Terpilih Reviewed by on . [caption id="attachment_581773" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: Istimewa[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com – Tiga daerah di Jawa Tengah yang baru s [caption id="attachment_581773" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: Istimewa[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com – Tiga daerah di Jawa Tengah yang baru s Rating: 0