Minggu , 30 April 2017

Home » Semarang Metro » Terdakwa Kasus Penodaan Agama Menerima Dihukum 1,5 Tahun

Terdakwa Kasus Penodaan Agama Menerima Dihukum 1,5 Tahun

21 Maret 2017 13:02 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Ilustrasi: detik

Ilustrasi: detik

SEMARANG, suaramerdeka.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang menjatuhkan hukuman kepada terdakwa kasus penodaan agama Andrew Handoko selama satu tahun dan enam bulan.

Dalam sidang di PN Semarang, Andrew dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan telah melakukan perbuatan sebagaimana diatur dalam pasal 156 KUHP tentang Penodaan Agama. Atas putusan tersebut, terdakwa menerima, sedangkan jaksa dari Kejati Jateng Samsuri menyatakan pikir-pikir.

“Terdakwa Andrew Handoko sudah divonis hakim selama satu tahun dan enam bulan. Terbuktinya pasal 156 KUHP,” kata jaksa Samsuri, Selasa (21/3).

Hakim masih memberikan kesempatan satu minggu, sebelum dirinya mengambil sikap. Penodaan agama yang dilakukan terdakwa Andrew ini terjadi di kos-kosan mantan pacarnya, Fitri Damayanti alias Fafa di Green Park Kamar Lavender, Jl Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Surakarta pada 30 Oktober 2016.

Terdakwa merusak dan merobek barang-barang milik saksi saat Fafa tidak berada di kos-kosannya. Barang yang dirobek itu sebagian dibuang ke kamar mandi, lainnya kembali dimasukkan dalam koper, termasuk Al Quran.

Dalam sidang sebelumnya, Andrew merasa dijebak atas perkara yang dijalaninya. Ia membantah telah merobek Al Quran sebagaimana yang didakwakan jaksa. Sebelum ke kamar kos untuk menemui Fafa, ia mengaku minum-minum disalah satu kafe. Perbuatannya ini tanpa disadari karena pengaruh minuman keras.

Vonis hakim itu lebih rendah dua tahun dibandingkan tuntutan jaksa, yakni selama tiga tahun dan enam bulan. Dalam amar putusannya, hakim menilai terdakwa telah melakukan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia. Tidak ada alasan pembenar dan pemaaf, sehingga Andrew harus menjalani hukuman.

“Mengadili, menyatakan, terdakwa Andrew Handoko telah terbukti bersalah melakukan perbuatan sebagaimana pasal 156 KUHP. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama satu tahun dan enam bulan,” jelasnya.

(Royce Wijaya/ CN33/ SM Network)

Terdakwa Kasus Penodaan Agama Menerima Dihukum 1,5 Tahun Reviewed by on . [caption id="attachment_588004" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: detik[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sema [caption id="attachment_588004" align="alignnone" width="400"] Ilustrasi: detik[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sema Rating: 0