Sabtu , 25 Maret 2017

Home » Semarang Metro » Tambah Bertambah, Jalan Tol Semarang-Demak Butuh Rp 7,7 Triliun Lebih

Tambah Bertambah, Jalan Tol Semarang-Demak Butuh Rp 7,7 Triliun Lebih

21 Maret 2017 4:30 WIB Category: Semarang Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: istimewa

Foto: istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pemerintah pusat masih menyusun perubahan lokasi pembangunan jalan tol Semarang-Demak. Panjang jalan tol diperkirakan akan bertambah 5 Km dari rencana semula 25,26 Km. Penambahan tersebut tepat di ujung jalan tol yang berada di Kota Semarang dan berbatasan dengan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

Dengan adanya penambahan panjang jalan tol, maka menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan juga bertambah. Sebelumnya, sesuai rencana semula kebutuhan untuk membangun jalan tol yang terbagi menjadi dua seksi itu akan menyedot dana kurang lebih Rp 7,7 triliun dan pembebasan lahan membutuhkan anggaran Rp 1,5 triliun.

“Anggaran belum tahu berapa, karena DED juga belum (jadi). Tapi yang jelas bertambah dari nilai investasi sebelumnya yang kurang lebih Rp 7,7 triliun,” kata Herry, Senin (20/3).

Jika lokasi sudah pasti maka Ditjen Bina Marga akan mengajukan permohonan penetapan lokasi kepada Gubernur Jateng. Jika sudah di teken gubernur maka tahapan selanjutnya adalah lelang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) akan menjadikan jalan tol Semarang-Demak sekaligus sebagai tanggul penahan rob. Pada mulanya rencana pembangunan tol Semarang-Demak hanya memiliki fungsi sebagai jalan saja. Namun saat diketahui sisi selatan jalan terkena rob, maka tanggul tol sekaligus sebagai penahan rob.

(Hanung Soekendro/ CN34/ SM Network)

Tambah Bertambah, Jalan Tol Semarang-Demak Butuh Rp 7,7 Triliun Lebih Reviewed by on . [caption id="attachment_961875" align="alignnone" width="400"] Foto: istimewa[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah pusat masih menyusun perubahan l [caption id="attachment_961875" align="alignnone" width="400"] Foto: istimewa[/caption] SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah pusat masih menyusun perubahan l Rating: 0