Minggu , 26 Maret 2017

Home » Suara Pantura » Tak Lakukan Merger, DPRD Akan Makzulkan Wali Kota

Tak Lakukan Merger, DPRD Akan Makzulkan Wali Kota

20 Maret 2017 19:20 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: kali A+ / A-
KAWAL MAHASISWA: Sejumlah anggota DPRD mengawal mahasiswa yang akan mendatangi Balai Kota Tegal untuk menuntut agar Akper Pemkot segera merger ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

KAWAL MAHASISWA: Sejumlah anggota DPRD mengawal mahasiswa yang akan mendatangi Balai Kota Tegal untuk menuntut agar Akper Pemkot segera merger ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, suaramerdeka.com - Demo para mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Pemkot Tegal untuk mendesak Wali Kota, Siti Masitha Soeparno segera menandatangani surat permohonan merger terus berlanjut. Bahkan, dalam unjuk rasa yang dilaksanakan di halaman DPRD Kota Tegal, Senin (20/3), aksi mereka mendapatkan dukungan dari berbagai elemen, seperti dari alumni Akper, orang tua mahasiswa, Forum Pemberdayaan Mahasiswa dan Masyarakat (FPMM) UPS, mahasiswa STMIK YMI, perwakilan pedagang dan para aktivis.

Ketua DPRD, Edy Suripno mengatakan, berbagai upaya selama ini telah dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan mahasiswa. Oleh karena itu, DPRD memutuskan untuk mengawal para peserta aksi untuk mendatangi Pendapa Balai Kota Tegal. Mereka kemudian bersama-sama para peserta aksi berjalan kaki dari Gedung DPRD menuju ke Balai Kota Tegal.

“Seluruh pimpinan dan anggota DPRD mengawal perjuangan mahasiswa sebagai bentuk komitmen untuk mempertahankan Akper Pemkot Tegal. Kami juga mengimbau agar aksi dilakukan secara tertib dan tidak melakukan tindakan anarkis, ” katanya.

Menurut dia, persoalan tersebut menyangkut kepentingan masyarakat dan masa depan anak bangsa. Oleh karena itu, apabila Wali Kota tidak menandatangani surat permohonan merger Akper Pemkot, maka DPRD akan melakukan impeachment atau pemakzulan. Tentang, agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) sebenarnya sudah dijadwalkan oleh DPRD dengan Pemkot, Senin (6/3), namun Wali Kota tidak berkenan hadir, sehingga diganti dengan rapat dengar pendapat umum mengundang mahasiswa dan civitas akademika Akper Pemkot.

“Saat itu, seluruh fraksi di DPRD sepakat mendukung merger Akper ke Kemenkes,” katanya.

Edy Suripno mengemukakan, setelah itu, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD menggelar rapat dan mengagendakan RDP pada, Senin (20/3). Namun, pada Jumat, (17/3), Sekda Kota Tegal mengirim surat agar RDP ditunda hingga, Senin (27/3). Padahal, tanggal tersebut merupakan batas akhir merger. Karena itu, DPRD mengirimkan surat undangan ke Wali Kota, Senin (20/3), namun Wali Kota mengirimkan surat tentang penundaan agar RDP dilaksanakan, Jumat (24/3). Alasannya karena saat ini Wali Kota dan jajarannya baru audiensi ke Kemerinstek Dikti dan Pariwisata.

Dia menegaskan, untuk proses merger Akper ke Kemenkes tidak hanya dibutuhkan selembar surat permohonan yang ditandatangani oleh Wali Kota, namun juga dibutuhkan dukungan persyaratan yang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu yang cukup untuk proses merger. “Selama ini DPRD setuju Akper merger dengan Kemenkes. Namun, Wali Kota terkesan selalu menghindar untuk menghadiri RDP,” tegasnya.

Perwakilan mahasiswa Akper, Sri Fajar Anggraini menyatakan, keberatan terhadap pengunduran waktu tersebut. Sebab, selama ini hanya selalu dijanjikan dan tidak ada kepastian tentang upaya penyelesaian persoalan tersebut. “Kami minta jaminan, kami meminta untuk segera dilakukan merger. Kalau masalah Akper Wali Kota tidak bisa hadir, tapi masalah kuliner Wali Kota hadir, apakah lebih penting kuliner daripada nasib kami,” ungkapnya. (Wawan Hudiyanto/CN38/SM Network)

Tak Lakukan Merger, DPRD Akan Makzulkan Wali Kota Reviewed by on . [caption id="attachment_982245" align="alignnone" width="400"] KAWAL MAHASISWA: Sejumlah anggota DPRD mengawal mahasiswa yang akan mendatangi Balai Kota Tegal u [caption id="attachment_982245" align="alignnone" width="400"] KAWAL MAHASISWA: Sejumlah anggota DPRD mengawal mahasiswa yang akan mendatangi Balai Kota Tegal u Rating: 0