Senin , 26 Juni 2017

Home » Pilkada Serentak » Tak Hanya Pilkada, Pelantikan Juga Harus Serentak

Tak Hanya Pilkada, Pelantikan Juga Harus Serentak

21 April 2017 15:24 WIB Category: Pilkada Serentak Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Pelantikan Kepala Daerah yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2017 juga harus dilakukan secara serentak. Hal tersebut dikemukakan Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Angraini, Jumat (21/4).

“Ini sangat penting kalau mau menuju pada tahapan pemilihan umum kepala daerah serentak, termasuk pelantikan juga harus dilakukan secara serentak,” tukas Titi.

Titi mengakui, dalam UU Pilkada no 10 tahun 2016 pasal 200 menyebutkan, produk hasil pilkada serentak tidak harus dilantik secara serentak pula. Hal ini karena dalam pasal tersebut hanya mengatur tentang pemilihan umum secara serentak, sehingga pelantikan kepala daerah yang terpilih di luar ketentuan tersebut.

Namun persoalan yang ada yakni Akhir Masa Jabatan (AMJ) bagi Kepala Daerah yang berbeda-beda.

“Yang paling lama ini kan DKI Jakarta, jadi ketika menunggu AMJ Ahok-Djarot yang masih hingga Oktober maka Plt kepala daerah di masing-masing daerah akan semakin lama juga. Ini yang mesti dicarikan regulasi yang tepat dari Pemerintah,” katanya, seperti dikutip RRI.

Menurutnya, semua tahapan serentak juga harus dilakukan secara serentak jika ingin pilkada serentak yang sebenarnya. Ia menilai, pelantikan kepala daerah yang tidak sama saat ini masih bisa ditoleransi.

“Semestinya pemerintah harus sama agar siklus benar-benar serentak masih bisa saling menyesuaikan. Pilihannya mempersiapkan banyak Pelaksana Tugas kepala daerah nantinya dan ini menjadi pilihan dari KPU dan Mendagri,” ungkapnya.
(RRI/CN41)

Tak Hanya Pilkada, Pelantikan Juga Harus Serentak Reviewed by on . [caption id="attachment_408365" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com -  Pelantikan Kepala Daerah yang terpilih dala [caption id="attachment_408365" align="alignnone" width="400"] Foto: Istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com -  Pelantikan Kepala Daerah yang terpilih dala Rating: 0