Selasa , 25 April 2017

Home » Suara Kedu » Pasar Suronegaran Direlokasi Tahun Depan

Pasar Suronegaran Direlokasi Tahun Depan

Sewa Tanah ke PT KAI Terlalu Mahal

20 Maret 2017 14:24 WIB Category: Suara Kedu Dikunjungi: kali A+ / A-
Seorang tukang becak melintas di area Pasar Suronegaran Purworejo yang status lahannya sewa kepada PT KAI. (suaramerdeka.com/ Nur Kholiq)

Seorang tukang becak melintas di area Pasar Suronegaran Purworejo yang status lahannya sewa kepada PT KAI. (suaramerdeka.com/ Nur Kholiq)

PURWOREJO, suaramerdeka.com – Pemkab Purworejo tampaknya sedang semangat melakukan revitalisasi pasar-pasar tradisional. Setelah Pasar Maron, Pasar Krendetan, Pasar Kaliboto, dan sekarang sedang dikerjakan Pasar Baledono, sasaran berikutnya adalah Pasar Suronegaran. Rencananya tahun depan pasar ini akan direlokasi meninggalkan lokasi yang ditempati saat ini.

Rencana itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian saat dimintai konfirmasi wartawan, pekan lalu. “Tahap berikutnya yang akan kami lakukan penataan adalah Pasar Suronegaran. Tujuannya agar wilayah Kota Purworejo ini benar-benar bersih tertata rapi,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Bastian, di samping karena menimbulkan kesan kumuh di wilayah tengah kota, rencana relokasi Pasar Suronegaran itu juga dilatarbelakangi status lahan yang saat ini ditempati.

Menurutnya, lahan yang ditempati Pasar Suronegaran itu milik PT KAI. Setiap tahun Pemkab Purworejo menyewa dengan harga yang tergolong terlalu mahal. Bastian menyebutkan, harga sewa lahan di Pasar Suronegaran itu berkisar Rp700 juta.

“Jadi setiap tahun APBD harus mengalokasikan anggaran untuk sewa lahan sebesar itu. Cukup mahal sehingga lebih baik dan efisien dipindah,” katanya.

Bastian bahkan menilai kondisi Pasar Suronegaran sudah emergency untuk segera dipindah. Bangunan pasar berupa kios maupun los sudah tidak layak. Dia berharap rencana pemindahan Pasar Suronegaran itu bisa direalisasikan melalui tahun anggaran 2018.

Langkah awal dimulai dengan perencanaan dengan penyusunan Detail Engineering Design(DED). Direncanakan program tersebut juga dimasukkan menjadi salah satu prioritas program pada APBD tahun 2018.

(Nur Kholiq/ CN33/ SM Network)

Pasar Suronegaran Direlokasi Tahun Depan Reviewed by on . [caption id="attachment_982174" align="alignnone" width="400"] Seorang tukang becak melintas di area Pasar Suronegaran Purworejo yang status lahannya sewa kepad [caption id="attachment_982174" align="alignnone" width="400"] Seorang tukang becak melintas di area Pasar Suronegaran Purworejo yang status lahannya sewa kepad Rating: 0