Minggu , 25 Juni 2017

Home » Solo Metro » Stok Bahan Pangan Pokok Aman, Harga Stabil

Stok Bahan Pangan Pokok Aman, Harga Stabil

20 Juni 2017 6:05 WIB Category: Solo Metro Dikunjungi: kali A+ / A-
PANTAUAN PASAR: Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana, berbincang dengan pedagang saat memantau situasi harga dan stok pangan di Pasar Legi, Senin (19/6). (suaramerdeka.com/Irfan Salafudin)

PANTAUAN PASAR: Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana, berbincang dengan pedagang saat memantau situasi harga dan stok pangan di Pasar Legi, Senin (19/6). (suaramerdeka.com/Irfan Salafudin)

SOLO, suaramerdeka.com – Stok bahan pangan pokok di Solo dan sekitanya, pada H-6 Lebaran dipastikan aman. Distribusi barang ke pasar tidak terkendala, sehingga tidak terjadi kelangkaan barang. Efek positifnya, tidak terjadi lonjakan harga.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana, usai memantau situasi harga dan stok pangan di Pasar Legi, Senin (19/6).

“Hari ini saya ditugasi untuk terjun langsung ke pasar, memantau harga dan stok, untuk menguatkan pernyataan Menteri Perdagangan bahwa stok dan harga bahan pangan menjelang Lebaran ini stabil. Dan saya lihat, dari penjelasan sejumlah pedagang yang kami tanya, tidak ada lonjakan harga, maupun stok yang menipis. Distribusi barang lancar,” katanya.

Bahan pangan pokok seperti beras, gula, minyak goreng curah maupun kemasan, daging, cabai hingga bawang putih, harganya masih terkendali dengan stok mencukupi.

“Khusus untuk bawang putih yang beberapa saat lalu harganya cukup tinggi, sekarang sudah relatif normal. Ada karakteristik khusus di Jateng, di mana masyarakat banyak yang mencari bawang putih jenis kating yang stoknya tidak banyak, karena masa panen belum tiba. Namun kebutuhan ini sudah tertutupi bawang putih jenis honam. Sehingga tidak terjadi kekurangan pasokan,” tuturnya.

Eva mengatakan, sejauh ini tidak ada komoditas pangan yang perlu diwaspadai karena stok di pasaran tidak mencukupi. “Pemerintah memastikan, stok semua jenis bahan pokok tercukupi. Distribusi barang ke pasar dijamin kelancarannya, sehingga tidak terjadi kelangkaan barang,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagyo menambahkan, pihaknya setiap hari menerjunkan tim untuk memantau kondisi pasar menjelang Lebaran.

“Tim kami secara intensif memantau harga jika terjadi perubahan, juga ketersediaan stok. Hasilnya dipaparkan pada mesin running text yang ada di Pasar Gede dan Pasar Legi, juga disampaikan ke Gubernur, BPS dan Kementerian Perdagangan,” jelasnya.

Jika dari pantauan tersebut diketahui ada stok bahan pokok yang kurang, maka bisa segera dilakukan langkah cepat untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar (OP), sehingga kebutuhan bahan pokok di masyarakat bisa segera terpenuhi.

(Irfan Salafudin/CN39/SM Network)

Stok Bahan Pangan Pokok Aman, Harga Stabil Reviewed by on . [caption id="attachment_1080684" align="alignnone" width="400"] PANTAUAN PASAR: Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sa [caption id="attachment_1080684" align="alignnone" width="400"] PANTAUAN PASAR: Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sa Rating: 0