Senin , 26 Juni 2017

Home » Nasional » Stabilitas Harga Pangan ditentukan Stabilitas Pasokan dan Distribusi

Stabilitas Harga Pangan ditentukan Stabilitas Pasokan dan Distribusi

19 Mei 2017 5:36 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
foto: Istimewa

foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Beberapa hari menjelang bulan ramadan beberapa kebutuhan pokok dikabarkan merangkak naik. Kenaikan harga bahan pokok ini memang menjadi momok setiap memasuki bulan Ramadan.

Hal ini seperti pekerjaan rumah yang tidak pernah diselesaikan secara tuntas oleh Pemerintah. Bila kita mencermati skema kenaikan bahan pokok ini biasanya memang mulai terjadi sedikit kenaikan satu atau dua minggu menjelang ramadhan.

“Faktor permintaan yang tinggi memang cukup berperan atas kenaikan tersebut. Peningkatan pola konsumsi masyarakat di awal ramadhan samgat memengaruhi permintaan bahan pokok. Namun bila faktor permintaan yang tinggi tersebut tidak diimbangi oleh ketersediaan stok yang mencukupi, maka akan terjadi kelangkaan bahan pokok yang menyebabkan harga naik tinggi tidak terkendali,” kata Abdullah Mansuri, Ketua Umum DPP Ikappi.

Untuk itu DPP Ikappi menyarankan benerapa hal agar harga bahan pokok bisa terkendali, seperti validitas data. Pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pertanian harus memastikan stok bahan pokok ini tersedia dan mencukupi kebutuhan masyarakat selama ramadan. Data data tersebut harus diungkap ke publik dan tentu pula harus bisa di pertanggungjawabkan ditataran teknis.

“Selama ini yang terjadi kita mendapatkan asupan informasi bahwa stok aman dan tercukupi. Namun dalam realisasinya data dan informasi tersebut jarang sekali terkonfirmasi secara benar di lapangan,” kata dia.

Data stok pangan ini penting. Selain menjadi gambaran umum atas ketersediaan dan sebarannya, data pangan ini juga dapat menenangkan psikologis pasar dan konsumen. Selama ini bila menjelang memasuki awal ramadan, seperti terjadi gejolak psikologis pada tataran konsumen.

“Mereka khawatir akan kenaikan harga maupun kelangkaan stok. Karena itu peran Pemerintah lah untuk menyakinkan publik dan konsumen bahwa stok benar benar tersedia dengan membuka data data stok pangan nasional,” kata Abdullah.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Stabilitas Harga Pangan ditentukan Stabilitas Pasokan dan Distribusi Reviewed by on . [caption id="attachment_289391" align="alignnone" width="400"] foto: Istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Beberapa hari menjelang bulan ramadan bebera [caption id="attachment_289391" align="alignnone" width="400"] foto: Istimewa[/caption] JAKARTA, suaramerdeka.com - Beberapa hari menjelang bulan ramadan bebera Rating: 0