Foto suaramerdeka.com/Heru Fajar

Yamaha Cup Race di Aceh, 13 Ribu Penonton Membludak di Sirkuit

Foto suaramerdeka.com/Heru Fajar

Foto suaramerdeka.com/Heru Fajar

BANDA ACEH, suaramerdeka.com – Yamaha Cup Race (YCR) di Aceh menuai respon luar biasa dari masyarakat setempat. Jumlah penonton kurang lebih 13.800 orang saat race Minggu 24 Mei merupakan hitungan sangat tinggi dalam pelaksanaan YCR. Seri kedua YCR tahun ini di Bumi Rencong digelar di sirkuit non permanen Stadion Harapan Bangsa, 22 – 24 Mei.

“Antusiasme tinggi warga Aceh ini sungguh menggembirakan dan jadi bukti Yamaha sebagai sahabat mereka yang punya tempat spesial. Bukan hanya penonton, tapi pebalap-pebalap lokal Aceh pun merasakan efek positif dari YCR di daerah mereka karena mendapatkan wadah membalap dan juga edukasi skill yang langsung terbukti hasilnya di seri ini,” papar Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Di hari balapan Minggu 24 Mei, arus deras penonton memadati area sirkuit. Mereka tak beranjak sampai balapan selesai sore hari, terpukau oleh aksi para rider Sumatera di trek high speed yang dibuat berlawanan dengan arah jarum jam. Sejumlah pebalap kebanggaan Sumatera seperti Zefri Adi, Firman Farera, M.Irvansyah Lubis, Tedy Permana, Aditya Anugrah dan Deri Satio sukses menyuguhkan entertain dengan skill balap mumpuninya.

Pebalap-pebalap lokal Aceh pun memanfaatkan betul momen YCR Aceh dengan menyerap ilmu berharga dari rider senior Florianus Roy. Bagi-bagi ilmu diberikan Florianus Roy dalam coaching clinic dengan 20 rider lokal. Hasilnya, setelah coaching clinic catatan waktu mereka di sesi kualifikasi rata-rata lebih cepat 4 detik dibandingkan free practice.

Di seri ini Yamaha khusus menyediakan 3 kelas untuk pebalap lokal yaitu YCR 6 (OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan – Lokal), YCR 7 (Moped 125 cc Tune Up Open), YCR 8 (Moped 110 cc Tune Up Open). Cukup untuk mengasah kemampuan riding mereka dalam event akbar One Make Race (OMR) Yamaha itu.

Sedangkan di kelas-kelas utama YCR 1 sampai YCR 5, menyedot perhatian lebih penonton. Tim Yamaha Yamalube RPM tampil dominan menempatkan pebalap-pebalapnya finis paling depan di kelas YCR 1 sampai YCR 4, sedangkan YCR 5 dimenangi oleh Deri Satio dari tim pabrikan Yamaha Yamalube Alfa Scorpii.

Dominasi tim Yamaha Yamalube RPM ditandai dengan podium pertama dan podium kedua di kelas YCR 1 dan YCR 2 untuk Zefri Adi dan Firman Farera. Di YCR 3 dan YCR 4 Tommy Richard Orlando yang membukukan waktu tercepat. Untuk juara umum kelas Seeded disabet Firman Farera dan juara umum kelas Pemula buat Aditya Anugrah pebalap Padang dari tim Canasta RBRT NHK FDR AHRS.

Meskipun Zefri dan Tommy finis terdepan di dua kelas Seeded dan Pemula, namun sesuai aturan YCR berdasarkan KIS (Kartu Izin Start) rider, yang dihitung poin adalah rider yang KIS-nya tercatat di wilayah yang termasuk di seri Aceh ini yaitu Aceh, Sumatera Utara, Pekanbaru. Karenanya, Firman yang peringkat kedua YCR 1 dan ketiga  YCR 2, seperti halnya Aditya Anugrah posisi kedua YCR 3 dan YCR 4 dengan KIS di area yang termasuk seri Aceh ini, yang berhak jadi juara umum kelas Seeded dan Pemula.

(Heru Fajar/CN19/SMNetwork)

Comments

comments