Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Wonogiri Juara Umum Kejurprov Judo 2017

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

KENDAL, suaramerdeka.com – Kabupaten Wonogiri berhasil keluar sebagai juara umum Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Judo bertajuk Disporapar-Kapolres Kendal Cup yang digelar di GOR Bahurekso, Kabupaten Kendal pada Sabtu-Minggu (22-23/4). Kontingen judo Wonogiri berhasil merebut 11 emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Mereka unggul dua emas dari juara umum 2016 Kota Semarang yang harus puas di peringkat kedua dengan raihan sembilan emas, empat perak, dan delapan perunggu. Sementara di peringkat ketiga ada Kota Salatiga yang memperoleh delapan emas, satu perak, dan empat perunggu.

Menurut Ketua Kontingen Judo Wonogiri Budiono, gelar juara umum ini merupakan hasil kerja keras pejudo-pejudo Wonogiri yang berlatih giat sejak Januari 2017 yang lalu. “Saya bangga dengan perjuangan mereka. Mudah-mudahan adik-adik mereka yang belum meraih prestasi semacam ini dapat termotivasi menyamai, atau bahkan melebihi kakak-kakaknya,” tutur Budiono.

Kepala Pelatih Klub Judo Gajah Mungkur Wonogiri Sutarto menuturkan, anak-anak asuhannya yang terpusat hanya dalam satu klub judo memudahkan pelatih dalam mengatur program latihan dan mengoordinasi pejudo. Anak asuhnya berangkat ke Kejurprov sudah melalui seleksi yang ketat. Meskipun kontingen harus menghadapi segala keterbatasan, terutama terkait pembiayaan kontingen yang melibatkan 38 pejudo dan tiga ofisial.

Raihan Wonogiri sebagai juara umum Kejurprov Judo 2017 ini, menurut Wakil Ketua III Bidang Perwasitan Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Tengah Surya Agung Nusantara sudah terprediksi sebelumnya. Ia melihat sarana prasarana latihan yang baik, animo pejudo yang tinggi, dan para pejudo senior Wonogiri yang mampu menembus kompetisi setingkat PON dan SEA Games, seperti Desi Yudianti, telah membawa motivasi tersendiri bagi para pejudo yunior.

“Pembibitan pejudo-pejudo potensial berjalan dengan baik, meski dari tahun ke tahun persaingan antardaerah di Jawa Tengah semakin ketat. Wonogiri sampai saat ini mampu bersaing dan menunjukkan bahwa mereka salah satu penyumbang pejudo berprestasi di Jawa Tengah,” ujarnya.

Hasil Kejurprov ini akan dijadikan para pengurus PJSI Jawa Tengah sebagai bahan pertimbangan untuk memilih pejudo-pejudo yang tampil dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup di Bandung pada 19-21 Mei mendatang.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments