Foto: sport.yahoo.com

WBO Cabut Sabuk Juara Kelas Welter Milik Floyd Mayweather

Foto: sport.yahoo.com

Foto: sport.yahoo.com

NEW YORK, suaramerdeka.com – Lantaran dianggap gagal memenuhi sejumlah ketentuan dari WBO, sabuk juara kelas welter yang dimenangkan Floyd Mayweather Jr saat mengalahkan Manny Pacquiao beberapa bulan lalu, dicabut.

“Komite Juara Dunia WBO tidak memiliki alternatif lain kecuali untuk berhenti mengakui Mr. Floyd Mayweather Jr. sebagai juara dunia WBO kelas welter dan mengosongkan titelnya karena gagal mengikuti regulasi WBO,” demikian pernyataan resmi WBO.

Perlu diketahi, gelar juara dunia direbut Mayweather usai menang angka mutlak atas Pacquiao pada 2 Mei lalu. Laga kedua petinju tersebut tercatat dalam sejarah sebagai duel dengan rekor finansial terbesar, mulai dari total pendapatan petinju, pembayaran hak siar televisi, penjualan hak siar ke televisi asing, sponsorship hingga harga tiket.

WBO menyebut alasan pencabutan gelar itu adalah kalau petinju asal Amerika Serikat itu tidak mengikuti aturan yang mereka punya. ESPN menyebut, Pencabutan gelar oleh WBO tersebut membuat kelas welter dalam posisi lowong.

Selain itu, demi memberi mendorong petinju lain memperebutkan titel tersebut, WBO memiliki ketentuan kalau petinju yang memiliki beberapa gelar juara dunia dari kelas berbeda harus melepas gelar juara dunia lain yang dipunya. Sebagai catatan, Mayweather saat ini masih memegang sabuk juara WBA dan WBC junior kelas menengah.

Tak lama setelah mengalahkan Pacquiao, Mayweather sebenarnya sempat berucap kalau dia akan melepas sabuk juara dunia yang lebih dulu dia miliki. Namun sampai tenggat waktu yang ditetapkan WBO pada 4 Juli lalu, Mayweather belum juga melakukannya.

Mayweather juga alpa membayar ‘sanctioning fee’ (uang yang harus dibayarkan petinju pada organisasi tinju yang menggelar laga mereka) sebesar US$ 200.000 pada WBO. Padahal dari pertarungannya dengan Pacman dia mengantongi lebih dari US$ 220 juta.

Timothy Bradley (Amerika Serikat) menjadi pengganti Mayweather sebagai pemilik gelar juara kelas welter, meski idealnya juara baru ditentukan di atas ring di mana sang juara tampil untuk mempertahankan gelarnya. Namun pencabutan gelar oleh WBO membuat skenario itu tidak bakal dilakukan.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments