Foto: en.mastkd.com

Wasit Indonesia Terpilih Pimpin Laga Taekwondo di Olimpiade

Foto: en.mastkd.com

Foto: en.mastkd.com

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wasit binaan Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro), Rahadewineta terpilih sebagai salah satu wasit yang akan memimpin partai pertandingan cabang taekwondo di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, 5-21 Agustus mendatang.

Mantan taekwondoin nasional ini sebelumnya mengikuti seleksi yang digelar Federasi Taekwondo Dunia (WTF) selama 11 tahap. Dari 5.000 kandidat yang mendaftar, WTF melakukan tes hingga tersaring 500 wasit internasional. Setelah itu dilakukan seleksi lagi untuk menentukan 100 wasit dan terakhir 30 yang akan memimpin Olimpiade. Pada kali ini, Rahadewineta dinyatakan lolos dan berhak ke Olimpiade setelah masuk 30 besar.

Neta, panggilan akrab Rahadewineta menyatakan tak sia-sia mengikuti proses seleksi yang cukup panjang hingga akhirnya terpilih sebagai salah satu wasit untuk memimpin pertandingan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dia juga mengaku bangga lantaran tak hanya membawa nama pribadi, tapi juga Indonesia.

“Di wasit pun melalui tahapan seleksi dan seleksinya cukup panjang. Tidak hanya fisik, akan tetapi juga pengetahuan, manajemen kontes, interview, kemampuan bahasa hingga penilaian yang dipilih. Jadi ini kebangaan untuk Indonesia,” ujar Neta di Jakarta, sesaat sebelum bertolak ke Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (28/7).

Pembina UTI Pro, Lioe Nam Khiong menyatakan, lolosnya Rahadewineta ke pesta olahraga multieven empat tahunan ini sebagai bukti bahwa UTI Pro tak pernah berhenti dalam memunculkan atlet maupun wasit di kancah internasional.

“Tentunya ini sebuah hasil kerja keras UTI Pro dalam berkontribusi secara maksimal untuk memberikan prestasi bagi Indonesia. Kehadiran Rahadewineta menjadi keseriusan kami dalam memberikan bukti dan semoga pemerintah bisa melihat hal ini,” kata Lioe Nam Khiong.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments