Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Voli Putri Kota Semarang Terbaik di Popda SMP

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim voli putri Kota Semarang menjadi yang terbaik dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SMP Jateng. Pada final yang berlangsung di GOR Jatidiri, Kamis (21/5), Dinda Putri Ivolia dkk menundukkan Banjarnegara dengan 2-1 (25-16, 23-25, 15-12). Keberhasilan ini sekaligus membayar kekecewaan tahun lalu yang gagal lolos ke Popda Jateng.

Sebelumnya di semifinal, tim besutan Haris Gunarto mengalahkan Kota Surakarta dengan 2-0 (25-12, 25-15). Adapun Banjarnegara mengalahkan Kabupaten Magelang dengan 2-0 (25-10, 25-13). Jalannya pertandingan antara Kota Lumpia melawan Banjarnegara berlangsung ketat.

Meski menang 2-0 saat babak penyisihan grup X, Kota Semarang mendapat perlawanan sengit dari Ayu dkk. Game pertama milik Ibu Kota Jateng dengan 25-16. Pada game kedua, Banjarnegara merubah permainan dengan bermain lebih agresif. Hasilnya, mereka berhasil menyamakan kedudukan 1-1 dengan menang 25-23.

Belajar dari kesalahan di game kedua, Haris Gunarto melakukan perubahan di babak selanjutnya. akhirnya memenangkan game ketiga atau penentuan dengan 15-12. ”Anak-anak sangat ceroboh di game kedua. Merasa di atas angin, mereka sedikit meremehkan lawan,” tutur Harus Gunarto usai pertandingan.

Di sisi lain, Banjarnegara memang mengalami peningkatan permainan dibanding saat bertemu di fase grup X terutama di game kedua. Dan pemainnya kaget dan baru bisa bangkit saat nilai sudah tertinggal jauh. Beruntung, pada babak penentuan, skuatnya kembali menemukan permainan terbaiknya dan bisa memenangi pertandingan.

”Mereka sudah punya pengalaman di berbagai turnamen bersama klub atau sekolah masing-masing. Di game ketiga, saya hanya memotivasi dan mereka bangkit,” tutur mantan pelatih tim putri yunior Kota Semarang dan Jateng itu.

Kabid Binpres Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Semarang Kuswanto sudah memprediksi Kota Semarang akan meraih medali emas. ”Mereka adalah yang terbaik di Kota Semarang. Semoga saja bisa konsisten berlatih hingga pada level senior,” tutur Kuswanto.

(Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments