Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

Voli Putri Bakal Diuji Popnas Jateng

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Tim voli putri Jateng yang diproyeksikan menghadapi prakualifikasi PON XIX/2016 tetap kesulitan mencari lawan try in. Skuad racikan pelatih Agus Suyanto itu pun akhirnya meminta tim yunior Jateng yang disiapkan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), untuk mengujinya.

“Ya, mau bagaimana lagi. Sulit mencari lawan tim putri di Jateng untuk latih tanding. Kami sempat menawari Blitar dan Kediri untuk uji coba di Solo, mereka juga menolak karena beberapa pemainnya direkrut tim Pra-PON Jatim,” kata Agus di sela-sela memimpin latihan timnya di GOR Manahan, Selasa (25/8).

Dia mengungkapkan, sinyal positif telah diperoleh dari tim Popnas Jateng. Namun belum ada keputusan soal waktu pelaksanaan partai latih tanding yang rencananya di GOR Manahan tersebut. Ada kemungkinan, perhelatan digelar dalam pekan ini atau pekan depan.

“Kami juga akan sinkronkan dengan tim putra PON Jateng, agar bisa beruji coba dalam waktu yang sama di Manahan. Tim putra kemungkinan berlatih tanding melawan skuad Damri,” jelasnya.

Benahi Pertahanan

Performa tim putri yang telah menjalani pemusatan latihan di Kota Bengawan sejak awal Mei lalu tersebut, kini terus ditingkatkan. Berdasarkan evaluasi hasil try out versus tim TNI AU di Jakarta, beberapa waktu lalu, kelemahan Rika Yuniar dkk terutama pada pertahanan di lini belakang, seperti dalam recieved dan penyelamatan bola yang lolos dari blok.

Agus juga mencermati kurang tingginya mental bertanding skuadnya. Karena itu, setiap latihan selalu disisipi games yang bersifat mengantisipasi tekanan tekanan lawan.

“Simulasi permainan selisih skor ketat hampir setiap saat kami berikan ke anak-anak, sehingga anak-anak tak mudah hilang fokus permainan. Soal serangan sudah bagus, lebih bervariasi,” kata sang juru taktik.

Disinggung mengenai fisik pemain, secara umum pria yang juga pelatih tim putri klub amatir Vita Solo itu menyebut kondisi para atletnya relatif bagus. “Progres fisik tetap ditingkatkan, tapi konsentrasi utama saat ini pada kerja sama pertahanan,” tambah dia.

(Setyo Wiyono/CN39/SM Network)

Comments

comments