Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Vita Siapkan Tim Putri ke Kejuaraan Antarklub Amatir U-17

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Klub voli Vita Solo menyiapkan para atlet muda putrinya untuk bertarung di Malang. Tim muda itu dikirim demi memenuhi undangan kejuaraan antarklub amatir U-17 yang rencananya diselenggarakan pada 24-27 September mendatang.

”Kami belum tahu, rivalnya klub-klub mana saja. Jadi kekuatan lawan juga tidak tahu. Yang terpenting, kami siapkan secara baik tim putri U-17, agar tidak menjadi juru kunci dalam kejuaraan tersebut,” kata pelatih tim putri Vita, Agus Suyanto, Selasa (25/8).

Informasi yang dia peroleh, ajang tersebut diprakarsai para pemain voli nasional yang kini telah pensiun. Tim-tim pesertanya dicari dari klub-klub amatir lama yang konsisten melakukan pembinaan calon atlet sejak usia belia. Lingkupnya nasional, tetapi guru olahraga SMAN 1 Surakarta itu tidak mengetahui tim mana saja yang diundang oleh panitia.

”Klub Vita pun hanya ditunjuk untuk mengirimkan tim putri, sementara tim putra tidak diundang. Apakah ada program lanjut atau tidak dari turnamen tersebut, kami juga belum tahu,” tutur Agus.

Kendati demikian, pria yang juga pelatih pelatda tim voli putri Pra-PON Jateng tersebut melihat ada banyak sisi positif. Setidak-tidaknya para pemain muda Kota Bengawan bisa menambah jam terbang melalui persaingan di ajang itu.

”Siapa tahu, ada juga semacam pemandu bakat yang memantau potensi atlet-atlet muda untuk kepentingan yang lebih besar. Kegiatan ini baru kali pertama digelar, tapi mudah-mudahan berlanjut pada masa mendatang,” ujar dia.

Guna menghadapi kejuaraan itu, dia mulai menempa performa skuad tersebut. Rancangan tim yang akan diturunkan pun telah ada, yakni berawak para pemain putri yang menjadi juara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng, beberapa waktu lalu. Kerja sama permainan dalam tim, menurutnya relatif bagus. Demikian pula kemampuan bertahan dan menyerangnya.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments