Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Variasi Serangan Tim Voli Porprov Putri Semarang Ditambah

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

SEMARANG, suaramerdeka.com – Minimnya variasi serangan dalam beberapa uji coba yang telah dilalui tim bola voli putri Pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2017 menjadi sorotan tim pelatih yang dikepalai Muji Hartono.

Bersama dengan dua asisten pelatih lainnya Sumarni dan Dheri Puji Santoso, tim putri Semarang terus menambah porsi latihan yang lebih menitikberatkan pada variasi serangan dari para open spiker, quiker, dan tosser.

“Variasi serangan yang biasanya dalam tiga pola nanti akan ditambah jadi empat pola, agar anak-anak tambah kreatif dalam membongkar pertahanan lawan yang rapat,” ujar Muji di sela-sela latihan tim putri Pra Porprov di lapangan outdoor bola voli Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Selain latihan variasi serangan, Dheri yang dipercaya sebagai asisten pelatih fisik juga memperbaiki ketahanan fisik para pevoli putri melalui serangkaian simulasi permainan baik dengan bola voli maupun tanpa bola. Beberapa pevoli putri di posisi quiker, open spiker, dan tosser dipaksa untuk melompat dan bergerak mengantisipasi serangan lawan di depan net.

Sementara untuk posisi libero Dheri lebih banyak memberi simulasi kecepatan untuk mengejar bola di beberapa sudut lapangan. “Saya berharap dengan banyaknya simulasi latihan ini anak-anak semakin memiliki fisik yang prima dan mampu bertahan dengan permainan yang menguras energi hingga lima set,” kata Dheri yang juga melatih klub bola voli Taruna Merah Putih itu.

Sementara itu manajer tim bola voli putri Pra Porprov 2017 Heru Sukendar menegaskan, bahwa latihan rutin yang telah dijalani ini akan terus dipantau tim pelatih dan untuk semakin mengasah mental pevoli, pihaknya akan mengikutkan tim putri ini untuk beruji coba dalam turnamen olahraga multicabang tahunan bertajuk “Ngaliyan Berkreasi dan Berprestasi” pada 1 April mendatang.

Dalam turnamen tersebut, di cabang olahraga bola voli putri akan dipertandingkan empat tim bola voli, yaitu tim bola voli putri Pra Porprov 2017, Mitra Grobogan, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Magelang untuk memperebutkan Piala Wali Kota Semarang.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments