Foto: suaramerdeka.com / dok

Vanessa Evato dan Fadlan Prawira Pecahkan Rekor di Singapura

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

SINGAPURA, suaramerdeka.com –  Perenang Indonesia Vanessa Evato dan Fadlan Prawira berhasil memecahkan rekor nasional dalam kejuaraan 48th Singapore Age Group Swimming Championship (SNAG), di OCBC Aquatic Centre, Singapura, Selasa (14/3). Hasil ini makin bermakna karena keduanya adalah sepasang kekasih.

“Ini baru luar biasa, sepasang kekasih masing-masing berhasil memecahkan rekornas. Bagus, saling memberikan semangat dan motivasi,” puji pelatih renang Indonesia, Albert Sutanto.

Vanessa dan Fadlan adalah perenang pelatnas proyeksi SEA Games 2017. Vanessa memecahkan rekor nasional nomor 100 meter gaya dada putri, atas namanya sendiri.

Rekor lamanya satu menit 11,89 detik yang ditajamkan menjadi satu menit 11,11 detik. Rekor tersebut dipecahkan pada babak penyisihan di pagi hari. Turun di lintasan lima, Vanessa terus memimpin sejak start hingga menyentuh finis pertama.

Pada babak final, sore harinya, Vanessa kembali memecahkan rekor nasional untuk kali kedua dalam sehari. Kali ini Vannesa mencatat waktu satu menit 10,89 detik. Vanessa pun berhasil keluar sebagai pemenang.

“Hasil yang diraih Vanessa terbilang bagus untuk kondisi saat ini. Saat ini mereka belum pada peak performance-nya, jadi akan bisa lebih baik lagi,” jelas Wisnu Wardhana, yang ditunjuk sebagai manajer tim renang Indonesia.

Adapun Fadlan yang merupakan kekasih Vanessa, memecahkan rekor nasional pada nomor 800 meter gaya bebas putra, juga atas namanya sendiri. Catatan lamanya delapan menit 18,17 detik, dipertajam menjadi delapan menit 14,06 detik.

Penampilan perenang senior, Siman Sudartawa juga mendapat pujian Wisnu. Pada nomor 100 meter gaya punggung putra, Siman mencatat waktu 55,27 detik mendekati waktu terbaiknya 55,10 detik.

“Saat ini mereka baru saja menjalai program latihan berat, jadi memang belum dituntut untuk mencapai waktu terbaik. Akan ada beberapa tahapan yang dilalui untuk bisa meraih waktu tercepat,” ucap mantan perenang andalan Indonesia itu.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments