Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

UTI Pro Gandeng Kukkiwon untuk Kembangkan Taekwondo Indonesia

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) dan Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) melakukan terobosan baru. Mereka menggandeng Pusat Taekwondo Dunia Kukkiwon untuk mengembangkan olahraga beladiri tersebut di Indonesia.

YUTI dan UTI Pro bersama Kukkiwon telah bersepakat memajukan taekwondo Tanah Air melalui nota kesepahaman (MoU) yang diteken di Hotel Grand Melia Kuningan, Jakarta, Minggu (2/4).

MoU itu ditandatangani Pembina YUTI dan UTI Pro, Grand Master Lioe Nam Khiong dan Presiden Kukkiwon, Oh Hyun Deuk. Turut menyaksikan penandatanganan MoU, antara lain Ketua Umum UTI Pro Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi, Wakil Ketua Umum UTI Pro Rudy J Pusung, Sekjen UTI Pro Lamting dan jajaran pengurus YUTI dan UTI Pro serta atlet.

Grand Master Lioe Nam Khiong mengatakan, hubungan YUTI dan Kukkiwon sebenarnya sudah terjalin sangat erat sejak 2011. “YUTI ini kan foundation (yayasan) dan kerja sama YUTI dengan Kukkiwon ini sudah terbina sejak 2011. Diharapkan dengan adanya nota kesepahaman ini dapat menopang kegiatan prestasi UTI Pro, sekaligus berdampak positif terhadap pengembangan olahraga taekwondo di Indonesia,” ujar Lioe Nam Khiong.

Dia mengemukakan, ke depan banyak manfaat yang akan dirasakan dari nota kesepahaman ini. Salah satunya yakni proses sertifikasi DAN Kukkiwon yang tentunya tidak akan memakan waktu lama. Selain itu, Kukkiwon juga akan mendukung penuh segala bentuk kegiatan taekwondo bertaraf internasional yang digagas UTI Pro.

”Kami sudah pernah menjalin kerjasama dengan Kukkiwon ketika UTI Pro menggelar Kukkiwon Cup I di Jakarta tahun 2015 lalu. Mudah–mudahan dengan nota kesepahaman ini akan mempermudah kerja sama dalam mengembangkan taekwondo di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Presiden Kukkiwon Oh Hyun Deuk mengaku bangga bisa bekerja sama dengan YUTI. ”Saya kenal baik dengan Grand Master Lioe Nam Khiong. Dia satu-satunya Grand Master yang paling senior, sehingga kerja sama ini bisa terlaksana,” kata Oh Hyun Deuk.

Oh Hyun Deuk juga berharap kerja sama yang terjalin erat dengan YUTI dapat lebih ditingkatkan lagi. ”Mudah–mudahan dengan kerja sama ini bisa lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments