Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

UNS Putri Selangkah Lagi Lolos ke Play Off Lima

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Tim basket putri Universitas Sebelas Maret (UNS) selangkah lagi lolos ke babak play off Jateng-DIY dalam ajang Liga Basket Mahasiswa (Lima) 2014. Hal tersebut setelah Citra Widodo dkk mengalahkan skuat Universitas Negeri Semarang (Unnes), 69-59, dalam babak regional Jateng seri kedua di GOR UNS, siang tadi.

Hasil itu membuat tim asuhan Zulmi Tafrichan hanya membutuhkan satu kemenangan saat berjumpa Unika Soegijapranata, Jumat (7/11). ”Hasil ini sesuai target kami walaupun diraih dengan susah payah. Namun saya mengapresiasi perjuangan ana-anak. Semoga performa mereka meningkat di partai terakhir,” kata Zulmi, usai laga.

Skuat tim Kampus Kentingan itu memang harus berjuang keras selama laga untuk meraih kemenangan. Di kuarter pertama, UNS seakan bisa memenangkan laga dengan mudah setelah unggul jauh 22-9.

Namun, sang tamu merespon di kuarter kedua dengan lebih agresif. Hasilnya, tekanan-tekanan yang diberikan Tri Rahayu dkk membuat tuan rumah kewalahan. Unnes memaksa sang lawan hanya unggul 30-25 akhir kuarter kedua.

Awal-awal kuarter ketiga, Unnes tancap gas dengan menipiskan jarak 33-39 berkat sumbangan three point Juniwar. Beruntung, UNS mempunyai sosok penggawa Sritex Dragons Enduro Solo Paulin Clara. Personel yang menjabat kapten tim itu menunjukkan kualitas dengan sumbangan dua dan tiga poin. UNS unggul 60-20 di kuarter itu.

Sayang, permainan apik Clara tak diimbangi personel UNS lain. Akibatnya, Unnes kembali menipiskan jarak menjadi 55-62, pertengahan kuarter akhir. Di sisa waktu, tuan rumah teteap meraih poin penuh dengan 69-59.

”Ini faktor mental anak-anak yang mungkin terlalu menyepelekan lawan karena sudah unggul jauh. Setelah terkekan, anak-anak justru panik. Ini seharusnya tak dilakukan pemain,” jelas sang pelatih.

Menghadapi laga penentuan melawan Undip, Zulmi berharap segala kesalahan yang dilakukan di partai kemarin tak terulang. Sebab, kekalahan membuat peluang UNS lolos kembali fifty-fifty. ”Jika kalah, kami harus melihat head to head tim yang berpeluang lolos. Jadi semua harus tampil maksimal,” tandasnya.

(Ronald Seger Prabowo / CN26)

Comments

comments