Foto: suaramerdeka

Tujuh Seri Kejurnas Balap Motor di Jateng

SIRKUIT MANAHAN: Sejumlah pembalap memacu motornya di sirkuit Manahan Solo pada Kejurnas Motoprix, Mei lalu. Ajang serupa akan digelar di sirkuit yang sama, April mendatang. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

SIRKUIT MANAHAN: Sejumlah pembalap memacu motornya di sirkuit Manahan Solo pada Kejurnas Motoprix, Mei lalu. Ajang serupa akan digelar di sirkuit yang sama, April mendatang. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com – Tujuh seri kejurnas balap motor, baik di lintasan aspal maupun off road, bakal digelar di Jateng sepanjang 2015. Kejuaraan kejuaraan tersebut meliputi dua seri kejurnas Motoprix, tiga seri grastrack dan dua seri motocross.

”Agenda itu sudah diputuskan dalam Rakernas Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Jakarta, Kamis-Sabtu (27-29/11) lalu. Selain balap motor, ada sekitar lima seri kejurnas roda empat yang dijadwalkan di Jateng,” kata Kabid Olahraga Motor Pengprov IMI Jateng, Lilik Kusnandar, Senin (1/12).

Pria yang juga Ketua Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Solo itu menambahkan, khusus kejurnas balap motor Motoprix dalam Region 2 akan diselenggarakan di dua daerah. Seri tiga rencananya digelar di sirkuit Manahan Solo pada 19 April, sementara seri delapan diadakan di sirkuit GOR Satria Purwokerto sekitar bulan September atau Oktober.

Dua sirkuit tersebut telah digunakan untuk ajang adu kebut Motoprix pada tahun ini. ”Rakernas juga telah memutuskan ada grandfinal Motoprix tahun depan. Tempatnya telah diputuskan di Riau,” ungkap Lilik.

Kejurprov

Sedangkan ajang grasstrack dan motocross, dia tidak ingat skedulnya. ”Grasstrack akan digelar di Demak, Kabupaten Semarang dan Brebes. Lalu, satu seri motocross bakal diselenggarakan di Demak dan satu seri lain informasinya akan digelar di Karanganyar,” jelas dia.

Hasil-hasil rakernas akan dipaparkan dan menjadi referensi dalam Rakerda Pengprov IMI Jateng yang kemungkinan dilaksanakan di Temanggung, awal Januari mendatang. Menurut pria asal Rembang itu, rancangan kejurprov adu kebut tahun depan bakal mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan dalam Rakernas.

Dia menuturkan, ada tiga seri kejurprov balap motor dan lima seri grasstrack Jateng selama 2014. ”Pada 2015, minimal masing-masing ada lima seri kejurprov balap motor dan grasstrack. Penambahan seri tersebut diharapkan lebih menggairahkan kancah olahraga motor di Jateng, serta memacu munculnya pembalap-pembalap muda potensial,” tutur Lilik.

(Setyo Wiyono/CN39/SM Network)

Comments

comments