Foto: suaramerdeka.com / Wahyu Wijayanto

Trio Kroser Australia Menggila di Dieng

Foto: suaramerdeka.com / Wahyu Wijayanto

Foto: suaramerdeka.com / Wahyu Wijayanto

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com – Trio kroser Australia “menggila” pada Kejurnas IRC Powertrack Indonesia Dirt Bike Championship 2016 seri kedua di kawasan Dieng, Sirkuit Pranggan, Sumberejo, Batur, Banjarnegara, Minggu (5/6).

Aaron Tanti, Joel Evan, dan Nick Sutherland benar-benar mendominasi kelas paling bergengsi SE MX2 Open. Pada race pertama, semua kroser nasional mereka over lap. Kemudian race kedua hanya juara nasional 2015, Andre Sondakh yang luput dari over lap. Pada 25 lap race pertama, Aaron (Djagung Pertamax Racing) tak terkejar.

Catatan waktu 32 menit 23,013 detik lebih baik ketimbang Joel (SuperPro Solo Marmer Rehobat KTM Team) serta Nick (KTM Evalube KYT Team). Posisi selanjutnya ditempati Andre, Aldi Lazarroni, serta pembalap asal Klaten, M Arjuna Wicaksana. Adapun pimpinan klasemen seri pertama, Agi Agassi terlempar di posisi 10.

Kompisisi hampir serupa terjadi race kedua atau Moto2. Pada awal lap, Aaron langsung melesat di posisi pertama. Hingga kemudian pada pertengahan lap pembuka ini, ia terjatuh. Sesudah melayang di udara, motornya tak mendarat sempurna. Roda depannya menyentuh tanah terlebih dahulu yang membuatnya terjerembab ke tanah.

Meski baru saja mengalami kecelakaan cukup serius yang membuatnya beberapa lama terkapar, Aaron ia menunjukkan sikap pantang menyerah. Dalam kondisi cedera dan motor yang tak sempurna, ia memilih melanjutkan balapan.

Sikap pantang menyerah dan profesionalisme yang berbuah aplaus belasan ribu penonton, tiap kali Aaron melaju di depan mereka. Meski pada akhirnya ia tak menyelesaikan balapan karena motornya makin bermasalah.

Tanpa Aaron membuat Joel yang berada di belakangnya mengambil alih posisi pertama. Diikuti Nick dan Andre Sondakh. Pertarungan duo Australia untuk memperebutkan posisi terdepan kian menarik. Joel yang berada di depan hampir di sepanjang balapan, akhirnya harus merelakan posisinya kepada Nick. Posisi ketiga tetap ditempati Andre, disusul Aldi Lazarroni dan Agi agassi.

Dengan tambahan 45 poin dalam dua race, Nick kini memimpin klasemen sementara MX2 Open. Dalam dua seri, ia total mengumpulkan 75 poin. ”Kami harus akui kroser asing memang lebih konsisten saat balapan. Tiga pembalap asal Australia itu dalam kesehariannya merupakan sahabat dekat, namun saat race mereka profesional, tak mau mengalah satu sama lain,” ujar A Judiarto pimpinan Lightning Production, promotor IRC Powertrack Indonesia Dirt Bike Championship.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments