Foto: istimewa

Triathlon Iron Man 70.3 Hebohkan Bintan

Foto: istimewa

Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Di 2016 ini, Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon memilih Pulau Bintan di Kepulauan Riau, Indonesia, sebagai tuan rumah kualifikasi kawasan Asia Pasifik. Ironman ini sejatinya merupakan ajang olahraga manusia super.

Lombanya dianggap “gila” karena membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa. Ada renang di perairan lepas yang harus diarungi. Belum lagi puluhan kilometer bersepeda, dan lari marathon yang harus diterabas puluhan kilometer. Meski dianggap “gila”, peminatnya sangat banyak. Asia, Afrika, Amerika, Eropa hingga benua Australia, pasti punya perwakilan.

Di Bintan, even kualifikasi kejuaraan dunia tadi diberi tajuk Ironman 70.3. Evennya akan digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, pada 28 Agustus 20016. Para atlet Ironman 70.3 akan memulai lomba dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. Setelah itu, para peserta akan diajak bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km).

Ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap 3 lap sepanjang 21 km.Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon Ironman 70.3 bersama penyelenggara acara MetaSport ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrakpariwisata great Batam/Bintan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang diwakili Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah Eropa, Timteng, Afrika, Amerika, Nia Niscaya menyambut positif event sport tourism itu. Agenda yang akan diikuti sekitar 1.000 peserta dari mancanegara itu cukup berdampak pada kunjungan wisman ke tanah air.

Prediksinya, bakal direct impact pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman. Dan 2,5 juta wisman di antaranya akan masuk melalui great Batam/Bintan.

“Penyelenggaraan Ironman 70.3 akan memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Minimal sekitar1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dollarnya di Bintan. Selain itu even seperti ini mempunyai media value yang tinggi. Atlet-atletdunia yang tampil di Ironman 70.3 di Bintan pasti akan menjadi pemberitaan media internasional,” kata Nia.

Soal penyelenggaraan, MetaSports, selaku penyelanggara kejuaraan adalah event organizer yang punya jaringan di lebih dari 100 negara. “Segala sesuatunya sudah disiapkan dengan matang,” ujar Nathalie Marquet, CEO MetaSport yang pekan lalu juga sukses menggelar Tour de Bintan dengan lehih dari 800 pembalap asing itu.

Pusat kejuaraannya akan ditempatkan di Plaza Lagoi dan tempat ini akan dijadikan lokasi berkumpulnya para atlet untuk melakukan pendaftaran ulang, mengambil goodie bags serta tempat instruksi pertandingan.

Nathalie menjelaskan, selain Ironman 70.3 Bintan, Metasport juga akan menyelenggarakan even Bintan Triathlon pada 28-29 Mei 2016. Dengan jarak lomba lebih pendek dan suasana yang ramah, Bintan Triathlon dapat digunakan oleh para calon atlet Ironman 70.3 sebagai kesempatan berlatih sekaligus menguji kondisi balapan.

(Andika Primasiwi / CN26)

Comments

comments