Foto: www.nbcolympics.com

Tontowi/Liliyana Sukses Sabet Emas Olimpiade Rio 2016

Foto: www.nbcolympics.com

Foto: www.nbcolympics.com

RIO DE JANIERO, suaramerdeka.com - Misi Indonesia membawa emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro akhirnya tercapai. Emas didapat melalui ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di partai final di Riocentro Pavilion, Rio de Janeiro, Rabu (17/8) malam WIB.

Dalam laga itu, Tontowi/Liliyana tak menemui kesulitan untuk mengunci gelar juara dan memastikan medali emas dengan skor 21-14, 21-12 dalam laga yang bergulir selama 45 menit. Dominasi pasangan Indonesia tak bisa diantisipasi pasangan Malaysia, sehingga mereka pun unggul jauh dengan menutup interval game pertama dengan skor 11-4.

Secara konsisten, Tontowi dan Liliyana membukukan poin demi poin dengan berhasil meminimalkan kesalahan dan akhirnya menutup game pertama dengan skor 21-14. Game kedua diawali dengan reli yang cukup panjang. Owi berhasil menghentikan dan membuat pasangan Indonesia unggul 1-0 lebih dulu.

Sempat terlibat perebutan angka yang ketat, Owi/Liliyana lantas unggul dan mulai bisa menguasai pertandingan hingga 9-5. Namun menjelang interval, pasangan Indonesia malah kesulitan untuk menambah poin dan membuat selisih amat dekat 10-9. Hingga kemudian pasangan Indonesia memastikan unggul pada interval game kedua 11-9.

Saat kedudukan 17-11, pukulan Chan dinyatakan masuk tapi pasangan Indonesia meragukannya. Tontowi dan Liliyana secara berbarengan mengajukan challenge. Ternyata bola memang tepat di atas garis. Kedudukan 12-17 untuk pasangan Malaysia.

Kesalahan Goh yang tak berhasil mengembalikan bola dengan terbentur net menjadikan Indonesia sukses memenangkan game kedua dengan skor 21-12. Emas pun dipastikan menjadi milik Indonesia.

(Andika Primasiwi / CN26)

Comments

comments