Foto: AP Photo

Tontowi/Liliyana Raih Perak Asian Games

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

INCHEON, suaramerdeka. com - Pasangan ganda campuran Tontowi  Ahmad/Liliyana Natsir hanya medali perak di final Asian Games 2014. Wakil Indonesia yang diunggulkan di tempat ketiga ini ditaklukkan Zhang  Nan/Zhao Yunlei yang merupakan unggulan pertama dari Tiongkok dengan  skor 16-21, 14-21.

“Kami sudah tampil baik di babak pertama hingga semifinal. Di babak pertama laga final pun kami sudah bermain  bagus, namun sayang kami membuat kesalahan-kesalahan sendiri. Lawan yang sudah under-pressure menjadi percaya diri. Kami kecewa dengan hasil ini karena seharusnya kami bisa menang,” kata Liliyana.

Tontowi/Liliyana sebetulnya sudah unggul jauh 12-7 di game pertama, namun Zhang/Zhao perlahan mengejar  ketertinggalan mereka hingga balik unggul 13-12. Kesalahan demi kesalahan dilakukan oleh pasangan Indonesia, poin pun terus bertambah  bagi Zhang/Zhao hingga 18-15 dan akhirnya merebut game pertama.

“Kami sama sekali tidak puas dengan  penampilan hari ini. Menurut kami, seharusnya kami bisa tampil lebih  baik dari ini,” tambah Tontowi.

Pada game kedua, Zhang/Zhao kembali mengungguli perolehan skor 6-4. Tontowi terlihat melakukan kesalahan dengan gagal mematikan bola tanggung pengembalian lawan serta membuang  bola jauh ke luar lapangan pertandingan, skor pun terus bertambah buat Zhang/Zhao.

Sempat menyamakan kedudukan 8-8, pasangan Indonesia kembali bermain di bawah tekanan dan kembali tertinggal 8-14. Tertinggal jauh 10-18 membuat Tontowi/Liliyana semakin sulit mengembangkan permainan dan akhirnya harus merelakan game kedua kembali direbut Zhang/Zhao.

“Saat posisi 13-7 di game pertama, Tontowi gagal mematikan dua bola tanggung, dan habis itu gagal lagi karena raketnya putus. Tontowi menyesali ini, saya sudah ingatkan dia jangan ingat-ingat kesalahan tadi. Ternyata dia masih belum bisa melupakan game pertama dan dia kecewa, permainannya langsung berubah,” ungkap Richard Mainaky, pelatih Tontowi/Liliyana.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments