Foto: suaramerdeka.com / dok

Tontowi/Liliyana Melenggang ke Final Olimpiade

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

RIO DE JANIERO, suaramerdeka.com – Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melaju ke final Olimpiade Rio 2016 setelah mengalahkan rival beratnya dari China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Dalam laga di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (16/8) pagi WIB, Tontowi/Liliyana tampil luar biasa saat menghadapi unggulan teratas itu dan menang dengan skor 21-16 dan 21-15 dalam waktu 51 menit.

Di gim pertama, Tontowi/Liliyana sempat sempat unggul lima angka dalam kedudukan 10-5. Namun, Zhang/Zhao meraih enam poin secara beruntun untuk berbalik memimpin 11-10. Tontowi/Liliyana baru bisa menyamakan skor dalam kedudukan 14-14 dan kemudian meraih dua poin berikutnya untuk unggul 16-14.

Tontowi/Liliyana terus menekan Zhang/Zhao dan berhasil memperlebar jarak menjadi 19-15. Gim pertama pun mereka menangi usai smes keras Tontowi tak bisa dikembalikan dengan sempurna oleh Zhang.

Di gim kedua, Tontowi/Liliyana mengawali game kedua dengan sangat baik dan langsung melesat 5-0. Meski Zhang/Zhao sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 4-6, Tontowi/Liliyana bisa menjauh lagi dan unggul 11-8 saat jeda interval.

Tontowi/Liliyana berusaha untuk terus menekan, tapi Zhang/Zhao tak mudah untuk dimatikan. Sebuah pengembalian Tontowi yang menyangkut di net membuat skor jadi sama kuat 12-12.

Tontowi/Liliyana tak membuat kesalahan di poin-poin kritis, dengan terus memperlebar jarak dan akhirnya memastikan kemenangannya setelah bola pengembalian Zhao keluar lapangan. Dengan lolos ke final, Tontowi/Liliyana dipastikan akan meraih medali.

Mereka selanjutnya akan berebut emas dengan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yangmenyingkirkan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin, dengan skor 21-12 dan 21-19. Tontowi/Liliyana sebelumnya telah bertemu Chan/Goh di babak penyisihan grup. Pada pertemuan di babak penyisihan grup, mereka menang dua game langsung 21-15 dan 21-11.

(Andika Primasiwi / CN26)

Comments

comments