Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Tinju Kulonprogo Targetkan 9 Medali di Porda DIY

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Pertina Kulonprogo terus menyiapkan diri menghadapi pelaksanaan Porda DIY XIII 2015 mendatang. Dalam ajang ini tim cabang tinju Kulonprogo menargetkan bisa meraih sembilan medali.

Pembina tinju Kulonprogo, Ferry Kuahaty mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi dalam menghadapi Porda mendatang, di mana Kulonprogo menjadi tuan rumah. Menurutnya, strategi khusus memang dibutuhkan dengan melihat kondisi dan potensi atlet-atlet tinju yang dimiliki.

“Kekuatan tinju di Kulonprogo ini ada di kelas bawah, sehingga kami punya strategi yang saat ini masih berjalan, kami akan memaksimalkan kelas kecil atau kelas bawah. Tapi kelas atas akan tetap menjadi pertimbangan kami dengan melihat peluang yang ada,” katanya, Minggu (12/4).

Pertina Kulonprogo sendiri berprinsip bahwa Porda sebagai ajang prestasi dan bukan sekedar ajang partisipasi. Oleh karena itu dalam mengirimkan atlet akan memaksimalkan potensi yang ada, dibanding mengikutkan banyak atlet tetapi justru hanya memberikan medali bagi daerah lain.

“Target kami di Koni untuk cabang tinju sebanyak 2 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Itu target, tapi saya pikir ada peluang lebih dari itu,” tutur Ferry yang juga ketua Pertina Kulonprogo.

Dalam Porda mendatang pada cabang tinju akan dipertandingkan tujuh kelas. Kulonprogo menargetkan akan mengirim 14 petinju. Meski demikian penentuan nama-nama atlet beserta kelas yang diikuti rencananya baru dilakukan Mei mendatang. Dalam mengirim atlet ini Pertina Kulonprogo mempertimbangkan kemampuan dan kesempatan yang ada.

“Akhir april ini baru kami masukkan entry by number, Mei baru masukkan by name. Kami masih melihat kekuatan-kekuatan petinju dari daerah lain, ini menjadi strategi kami agar peluang lebih terbuka, di samping itu efisiensi anggaran agar lebih efektif kepada anak-anak yang diproyeksikan menang di Porda,” jelasnya.

Ferry menambahkan, sejauh ini persiapan untuk atlet yang ikut kelas kecil sudah dimaksimalkan, dengan beberapa latihan ujicoba dengan beberapa sasana di DIY. Dalam gelar tinju Sabuk Emas Bupati Kulonprogo Juni mendatang sekaligus juga akan mengujicobakan atlet-atlet Porda Kulonprogo.

“Rencananya juga tryout di beberapa event atau open turnamen yang sudah masuk agenda kami, diantaranya kejuaraan nasional antara PPLP/PPLPD yang rencananya bulan Juli di Medan, dan kejuaraan open turnamen di Banjarnegara,” imbuhnya.

(Panuju Triangga/CN39)

Comments

comments