Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Tim Voli Solo Benahi Passing dan Pertahanan

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Pembenahan dilakukan terhadap tim bola voli Solo. Passing bola dan pertahanan di lini belakang yang jadi salah satu kelemahan tim putri, terus diperbaiki. Adapun ketajaman servis dan serangan tim putra terus diasah.

‘’Pembenahan harus dilakukan sejak awal, agar mereka selalu siap jika menghadapi sebuah turnamen atau kejuaraan. Memang latihan dasar menjadi fokus utama, di samping peningkatan fisik atlet,’’ kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Agus Suyanto, Rabu (30/11).

Tim yang diperkuat para atlet klub amatir Vita tersebut ditempa dalam latihan rutin di GOR Manahan setiap Senin, Kamis dan Sabtu sore. Selain proyeksi jangka panjang untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018, tim putri juga disiapkan guna menghadapi Kejurnas Livoli Divisi Utama 2017.

Rencana terdekat, Rika Yuniar Tita Hapsari dkk bakal bertanding dalam turnamen voli di Boyolali, pertengahan Desember mendatang. ‘’Turnamen itu bisa dimanfaatkan menambah jam terbang anak-anak, sekaligus mengasah mental bertarung mereka,’’ ujar Agus.

Di sisi lain, tim putra belum mempunyai agenda pertandingan dalam waktu dekat. Skuat yang dibesut pelatih Sutrisno itu lebih fokus pada peningkatan teknik dan kerja sama bermain. Upaya memadukan pemain-pemain senior dan yunior terus dilakukan.

“Banyak potensi muda yang bagus, tetapi jam terbang mereka kan masih kurang. Jika ada rangkaian turnamen, sebenarnya bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dan tambah pengalaman, tetapi sampai saat ini belum ada undangan lagi,” tutur Sutrisno.

Guna tetap menjaga mental bertarung para atlet putra, maka sering dilakukan latih tanding antara tim yunior dan senior. Kadangkala mereka dicampur, kemudian dipertemukan dalam games.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments