PECAHKAN REKOR: Perenang Jateng Vina Wijaya saat tampil dalam sebuah kejuaraan di Kolam Renang Jatidiri, beberapa waktu lalu. Vina berhasil memecahkan rekor 200 meter gaya ganti perorangan putri Krapsi.(suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan)

Tim Renang Indonesia Juara Umum

PECAHKAN REKOR: Perenang Jateng Vina Wijaya saat tampil dalam sebuah kejuaraan di Kolam Renang Jatidiri, beberapa waktu lalu. Vina berhasil memecahkan rekor 200 meter gaya ganti perorangan putri Krapsi.(suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan)

Foto: suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan

PALEMBANG, suaramerdeka.com – Tim renang Indonesia mencatatkan sejarah untuk kali pertama setelah merebut gelar juara Asian Schools Swimming Championships (ASSC) 2016. Dalam perlombaan yang berlangsung di Aquatic Stadium Jakabaring, Palembang, 26-29 Mei 2016 itu, tim Merah Putih meraih 16 emas, 10 perak dan 9 perunggu.

“Kami bangga dengan perjuangan anak-anak yang mampu menjadikan tim Indonesia meraih gelar juara umum. Ini semua di luar target karena pada penyelenggaraan ASSC di Makau 2015, kita hanya meraih 4 emas,” kata pelatih tim Renang Indonesia, Albert Susanto, Minggu (29/5).

Dia mengakui, kejuaraan kali ini memang lebih ringan karena tim kuat, Tiongkok dan Jepang tidak tampil. Namun, pihaknya mendapat kejutan lantaran dua perenang putri mampu memecahkan rekor nasional yakni Sofie Kemala pada nomor 50 M gaya kupu dan Azzahra Permatahani untuk nomor 400M gaya ganti.

Usai kejuaraan ini, lanjut Albert, pihaknya akan menentukan 22 perenang yang bakal memperkuat kontingen Indonesia pada ASEAN Schools Games di Chiang Mai, Thailand, Juli mendatang. “Para perenang yang tergabung dengan Satlak Prima akan menjalani latihan di Bali sedangkan yang di luar Prima akan dipersiapkan di Jakarta,” jelasnya.

Pada perlombaan terakhir, Minggu (29/5), Indonesia meraih 4 medali emas yang disumbangkan Sofie Kemala, Ilham Ahmad Turmudzi, Sagita Putri, dan tim estafet putra.

Tampil di nomor 50 M gaya punggung putri, Sofie mencatat waktu tercepat 29,88 detik. Medali perak direbut Wong Toto Kwan To (Hongkong) 30,25 detik dan AA Istri Kania Ratih meraih perunggu dengan waktu 30,34 detik.

Ilham meraih sukses di nomor 100 M gaya dada putra dengan mencatat waktu 1 menit 03,86 detik. Perak direbut Wong Ho Kiu (Hongkong) 1:04,64 detik dan M Fahri merebut perunggu dengan waktu 1:05,95 detik.

Di nomor 100 M gaya bebas putri, Sagita mencatat waktu terbaik 57,71 detik. Perak direbut Benjamapon Sangkhawat (Thailand) 58,34 detik dan Hung Nok Yan (Hongkong) 59,60 detik perunggu.

Emas penutup Indonesia dipersembahkan tim estafet 400 M. Beranggotakan Dwiki Anugrah, Ilham, Abdu Fitra Indarto, dan M Alamsyah, tim Indonesia mencatat waktu 3:53,78 detik. Perak direbut Hongkong (3:56,97 detik) dan Singapura (3:57,35 detik) meraih perunggu.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments