Foto: suaramerdeka.com / dok

Tim Perahu Naga Juara Umum di Tiongkok

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Setelah tim perahu naga putri sukses meraih emas pada Kejuaraan Dragon Boat DBS 2016 di Marina Regatta, Singapura, 5 Juni lalu, kini giliran tim putra yang meraih sukses. Tim yang diperkuat 22 pedayung tersebut mengukir prestasi membanggakan pada Hakka International Dragon Boat Race Tournament di Kaifeng, Tiongkok, 7-9 Juni 2016.

Tak tanggung-tanggung, tim asuhan Syahid Nuryasin dan Jhon Matulessy ini merebut gelar juara umum dengan torehan dua medali emas. Kedua medali itu disumbangkan dari nomor 200 meter (40,72 detik) dan nomor 500 meter (1 menit 48,69 detik).

“Ini rekam jejak sukses yang pernah diraih tim dragon boat putra yang menyumbangkan medali emas pada kontingen Indonesia di Asian Games Guangzhou, 2010,” kata Direktur Performa Tinggi (HPD) Lomba 1 Satlak Prima, Hadi Wihardja kepada media di Jakarta, Kamis (9/6).

Untuk nomor 500 meter yang dicetak Andri Agus Maulana dan kawan-kawan, menurut Hadi, menjadi catatan tersendiri bagi Satlak Prima. Pasalnya, catatan waktu tersebut lebih lamban empat detik dari catatan waktu yang diraih pada Asian Games 2010.

“Di Asian Games Guangzhou 2010, tim dragon boat meraih emas dengan waktu satu menit dan 44,506 detik. Jadi, mereka lebih lamban empat detik. Tapi, masalah catatan waktu itu tidak terlalu dikhawatirkan karena waktu persiapan cukup panjang menuju Asian Games 2018,” jelasnya.

Young Mardinal, Direktur Performa Tinggi Dragon Boat mengaku bangga dengan pencapaian juara umum tersebut. “Penampilan tim dragon boat sangat luar biasa. Mereka mampu mengembalikan citra dragon boat dengan merebut gelar juara umum di China yang merupakan ‘kandang macan’ dragon boat,” terang Mardinal.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments