Foto: istimewa

Tim Kesehatan PON Siapkan Heli Ambulans

Foto: istimewa

Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com – Tim kesehatan yang dikerahkan selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 pada 17-29 September mendatang dilengkapi pula dengan dukungan fasilitas helikopter varian ambulans.

Dukungan heli ambulans itu berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Basarnas yang mengerahkan dua unit miliknya. “Khusus PMI dengan melibatkan pusat, ada 5 helikopter dalam posisi standby dan koordinasi,” kata Ketua PMI Jabar, Adang Rochjana di Bandung, Selasa (30/8) kemarin.

Heli tersebut merupakan bagian dari antisipasi terhadap penanganan cepat atas hal yang tak diinginkan dan perlu mendapatkan tindakan segera dari venue yang tersebar di 16 kabupaten dan kota. Selain heli, PMI juga menyiapkan 24 unit mobil ambulans dengan ditunjang petugas termasuk paramedis yang ditempatkan di seluruh venue.

Adang pun menegaskan bahwa personil yang ditugaskan sudah menjalani pengujian. “Tak hanya kemampuannya, mereka juga kami periksa hingga test urine, dan hasilnya semua bersih, serta siap bertugas,” tandasnya.

Ketua Bidang Kesehatan PB PON XIX, Alma Lucyati menambahkan bahwa pihak sudah pula melakukan nota kesepahaman dengan rumah sakit di seluruh Jabar selama PON berlangsung.RS yang disiapkan sebanyak 32 buah. “Jadi atlet misalnya tak perlu antre saat harus mendapat perawatan, cukup tunjukan ID Card-nya,” katanya.

Pihaknya pun mengerahkan ratusan tim kesehatan yang ditempatkan tak hanya di venue pertandingan namun termasuk ke hotel-hotel tempat kontingen menginap. Di venue, sebanyak 165 timkes disiapkan yang terdiri dari dokter dan perawat hingga ambulan sedangkan di hotel mencakup 195 timkes dengan komposisi personil tak jauh berbeda.

(Setiady Dwi / CN26)

Comments

comments