Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Tim Dayung Semarang Keluhkan Dangkalnya Sungai Banjirkanal Barat

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tim dayung Kota Semarang untuk persiapan Pra-Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2017 menghadapi beberapa kendala dalam berlatih di Sungai Banjirkanal Barat Semarang. Selain minimnya perahu dan dayung yang dimiliki, tempat berlatih pun juga terkendala masalah pendangkalan sungai dan pencemaran limbah rumah tangga yang memperihatinkan.

Kondisi ini dikeluhkan oleh Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kota Semarang Mat Chamin yang dihubungi di Semarang. “Sungai terlalu dangkal sangat menganggu kayuhan dayung bahkan dayung akan mudah patah bila tidak sengaja menghujam dasar sungai, sedangkan limbah rumah tangga yang dibuang sembarangan dari tepi sungai membawa bau tidak sedap,” tutur Chamin yang juga menjadi Pelatih Kepala tim dayung pada Porprov Banyumas 2013 yang lalu.

Sungai yang hanya memiliki kedalaman setinggi paha orang dewasa saat musim kemarau itu, menurut Chamin tidak ideal untuk menjadi tempat latihan. Keadaan ini sama tidak idealnya ketika berlatih pada musim penghujan. Sungai menjadi sangat berbahaya karena alirannya sangat deras.

Menurutnya dan tim pelatih dayung lainnya yang diwakili Nurhayati, Amin Suryatiningsih, dan Ahmad Joko Wandiro, minimal sungai memiliki kedalaman lebih dari satu meter. Selain itu sungai juga bersih dari pencemaran limbah yang terkadang ikut tersangkut di dayung.

Masalah tidak berhenti di situ saja, terkadang warga ikut membuang duri-duri ikan atau tulang belulang hewan yang tajam dan berpotensi melukai kaki para pedayung. “Hal-hal semacam ini yang kami hadapi selalu saat berlatih, bahkan kami yang melatih pun tidak jarang mengingatkan warga yang membuang limbah rumah tangga jangan ke sungai,” tambah Chamin.

Tim pelatih dayung berharap kondisi ini segera mendapat penanganan yang serius, karena sebentar lagi Kali Banjirkanal Barat akan digunakan untuk kompetisi dayung se-Kota Semarang yang digelar pada akhir April ini, sekaligus sebagai bagian dari seleksi tim dayung Pra Porprov mendatang.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments