Foto: Wikimedia

Tim Catur Pelajar Indonesia Juara Umum

Foto: Wikimedia

Foto: Wikimedia

JAKARTA, suaramerdeka.com – Fokus PB Percasi terhadap pembinaan para pecatur muda empat tahun terakhir ini mulai membuahkan hasil yang menggembirakan.

Selain lima emas pada SEA Games 2013, gelar Internasional Master dan Woman Grand Master yang diraih pecatur junior Indonesia, Tim Catur Pelajar Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum pada World Schools Chess Championship 2014, yang berlangsung di Brazil, beberapa hari lalu.

Meski hanya mengirimkan 12 pecatur, tim Indonesia yang mengikuti World School Chess Championships ke 10 di Juiz de Fore City, Brazil, 26 September-4 Desember 2014, keluar sebagai juara umum dengan merebut 4 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu.

“Ini tentu kabar yang menggembirakan dan membanggakan. Dengan 12 pecatur kita bisa mengungguli ratusan pecatur dari tuan rumah Brazil dan pecatur negara Amerika Latin lainnya,” ujar Ketu Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo.

Dikatakan, keikutsertaan Indonesia dalam ajang tersebut merupakan komitmen PB Percasi dalam meningkatkan kualitas pecatur Indonesia. Dengan semakin seringnya ikut dalam kompetisi internasional, akan semakin terasah dan terlatih.

Sementara itu, Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMP, Kemdikbud, Supriano mengatakan, tim pecatur pelajar tersebut sebagian besar merupakan hasil seleksi dari Olimpiade olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Dikatakan, pembinaan terhadap atlet-atlet muda yang masih duduk di bangku sekolah, termasuk atlet catur harus terus dilakukan, salah satunya dengan ajang O2SN, yang dilaksanakan secara rutin oleh Kemdikbud. “Ini tahun ketujuh Indonesia mengirimkan tim, dan hasilnya sangat memuaskan,” ujar Supriano.

(Satrio Wicaksono/CN26)

Comments

comments