Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Tiga Pembalap Solo Buru Gelar di Tanjakan

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Tiga pembalap Solo tertantang melahap rute tanjakan dalam kejuaraan balap sepeda individual road race (IRR) yang digelar di Magelang, Minggu (6/11). Mereka, Andriyan ‘’Dayat’’ Hidayat, Saputro Reno Wijayanto dan Shindu Ardiyanto bertekad memburu gelar pada ajang tersebut.

“Dayat saya rasa bisa menembus peringkat tiga besar kelompok yunior. Dia punya performa bagus untuk jalur-jalur tanjakan, sedangkan Reno kemungkinan bisa menerobos ke tiga besar kelas pemula,” kata pelatih Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo, Agus Sadiyanto, Jumat (4/11).

Tak hanya tiga atlet Kota Bengawan. Dua atlet Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng, Nurul Fauzan (Tegal) dan Muh Abdul Azis (Karanganyar), juga turut memanaskan persaingan. Kedua atlet pusat pendidikan yang bermarkas di kawasan Punggawan, Solo itu, diharapkan mampu merangsek ke urutan lima besar.

“Fauzan akan turun di kelompok pemula, sementara Azis sebagai debutan kelas senior. Para pembalap lain PPLP tidak ikut karena berbenturan urusan sekolahnya,” tutur Agus yang juga pelatih PPLP Balap Sepeda.

Guna memburu target tersebut, para pembalap digembleng secara intensif. Jumat (4/11) pagi, mereka memacu kecepatan di rute jalan datar, Solo-Klaten pergi-pulang. Sementara sore harinya, atlet-atlet muda tersebut menjaga performa dengan roll statis.

“Sehari sebelumnya, Kamis (3/11), anak-anak melahap porsi latihan full tanjakan. Berangkat dari Solo, saya bawa mereka berlatih melewati tanjakan terjal di bukit Mengadeg Giribangun yang merupakan bagian lereng Gunung Lawu,” ungkap Agus.

Latihan pada rute tanjakan sepanjang lebih kurang 75 km tersebut dibutuhkan, mengingat jalur balapan di Magelang juga bakal melewati medan terjal. Info yang diterima Agus menyebutkan, adu kebut dan ketangguhan fisik itu bakal melalui jalur ke arah lereng Gunung Sumbing.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments