Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Tiga Fencer Jateng Siap Tembus Tim Inti Pelatnas SEA Games

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Tiga fencer (atlet anggar) Jateng bersiap menembus tim inti pelatnas SEA Games 2015. Ketiganya, Agustin Dwi Damayanti, Laskaniasih dan Flodesa, bertekad menyusul sesama fencer Jateng, Ryan Pratama yang telah menghuni camp sentralisasi di Jakarta dalam beberapa bulan terakhir.

”Tiga orang yang berstatus atlet desentrasilasi pelatnas itu, kini menjalani latihan intensif di Solo. Mereka akan ikut seleksi akhir untuk penentuan tim inti di Jakarta, pada pekan ke empat Januari nanti,” kata pelatih kepala Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jateng, Hendra Faradilah, Rabu (7/1).

Dia mengungkapkan, atlet-atlet tersebut punya peluang fifty-fifty untuk masuk skuad utama Merah-Putih. Perhitungannya didasari kesiapan dan prestasi para fencer yang lahir dan dibesarkan di UTP Fencing Club Solo itu.

”Secara fisik dan teknik, mereka telah benar-benar siap. Tinggal faktor pertarungan mental yang nanti menentukan, siapa yang bakal masuk. Saya berharap paling tidak ada tiga atlet Jateng termasuk Ryan di tim inti SEA Games,” tambah Hendra yang juga pelatih di klub UTP tersebut.

Dia yakin, Ryan bakal tetap bertahan dalam sentralisasi pelatnas. Prestasi terakhir fencer asal Solo dengan spesialisasi nomor degen itu adalah merebut medali perak pada ASEAN University Games 2014 di Palembang, Desember lalu. Sementara Flodesa (Salatiga) merebut perunggu di arena floret putri.

Dua atlet Solo, Agustin dan Laksaniasi yang biasa duel di nomor sabel putri juga memiliki kemampuan andal. ”Agustin meraih emas perorangan sabel putri pada kejurnas di Kaltim, Agustus lalu. Dia bersama Laksaniasih (serta Yli Andika dan Adira Kurniawati-red) juga menyumbang emas sabel beregu putri bagi Jateng di kejurnas itu,” ungkap Hendra.

Saat ini terdapat 24 fencer yang menjalani pelatnas sentralisasi. Menurut dia, pada seleksi yang merupakan program promosi-degradasi nanti, secara keseluruhan terdapat 48 atlet yang akan bertarung untuk dicermati lagi kemampuannya.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments