Foto: AP Photo

Terlibat Insiden dengan Maldonaldo, Button Disanksi

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SHANGHAI, suaramerdeka.com - Pebalap McLaren Jenson Button mendapat sanksi berupa penurunan posisi usai dianggap bersalah dalam sebuah insiden yang melibatkan Pastor Maldonado dari Lotus dalam balapan GP China.

“Aku pikir ada celah di bagian dalam tikungan dan, yah, aku tak bisa mengatakan apa-apa lagi. Anda tak pernah mau insiden seperti itu terjadi, tapi aku pikir itu cuma kekeliruan dalam kalkulasi,” ujar Button mengenai insiden itu seperti dikutip Autosport.

Dalam balapan di Sirkuit Shanghai, Minggu (12/4) siang, MP4-30 yang dikemudikan Button sempat menyeruduk bagian belakang mobil Maldonado hingga melintir dan Button melebar keluar lintasan. Kedua pebalap sendiri sebenarnya masih mampu melanjutkan balapan.

Sayangnya, tak lama berselang Maldonado benar-benar tidak kuasa lagi membalap akibat masalah pada mobilnya, sedangkan Button masih bisa finis di posisi 13.

Insiden itu diselidiki lebih lanjut usai balapan berakhir dan Button dinyatakan bersalah atas insiden tersebut. Ia pun mendapat poin penalti pada lisensi F1-nya dan juga diberi penalti lima detik dalam catatan waktunya di GP China.

Hasil tersebut membuat Button kini harus rela turun ke peringkat 14 dalam hasil balapan GP China, dengan posisi 13 kini ditempati oleh Carlos Sainz Jr dari Scuderia Toro Rosso.

“Kami saat itu sedang berduel dengan bagus, tapi kemudian aku pikir ia kehilangan titik pengeremannya. Kami berdua keluar lintasan dan ia sudah membuka DRS-nya jadi aku pikir ia membuat sebuah kesalahan,” sambung Maldonado

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments