Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Tapak Suci Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat Kota Semarang

29isilat-bun

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka. com – Padepokan pencak silat Tapak Suci merebut gelar juara umum pada Kejuaraan Pencak Silat Kota Semarang 2014. Total, mereka mendulang medali terbanyak dengan sembilan emas, empat perak dan delapan perunggu pada event yang berlangsung di GOR USM, 26-28 September.

Tapak Suci mengungguli SH Teratai yang harus puas berada di peringkat kedua dengan delapan emas, delapan perak dan 12 perunggu. Sementara peringkat ketiga diduduki para pesilat dari Padepokan Pencak Silat Perisai Diri dengan tujuh emas, tujuh perak dan empat perunggu.

”Kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir IPSI Kota Semarang. Kami harap melalui kejuaraan ini, dapat merangsang pembinaan pesilat di masing-masing padepokan,” ujar Ketua Panitia Nur Faqih.

Sementara itu dari masing-masing kelompok umur berjuang ketat, padepokan-padepokan besar di Kota Lumpia. Di kelompok pra remaja misalnya, SH Teratai mendulang empat emas, empat perak, enam perunggu. Disusul Tapak Suci dengan empat emas, satu perak, tiga perunggu. Satria Muda Indonesia di peringkat tiga dengan tiga emas, satu perak, tiga perunggu.

Untuk kelompok remaja dikuasai Tapak Suci dengan empat emas, satu perak, tiga perunggu. Perisai Diri berada di peringkat kedua dengan tiga emas dan satu perak.

Padepokan Naga Hitam yang sempat berjaya di beberapa tahun terakhir hanya mampu menempati peringkat ketiga dengan dua emas, dua perak, mmepat perunggu. SH Teratai mendominasi di kelompok dewasa dengan empat emas, empat perunggu.

Sekretaris IPSI Kota Semarang Siswoyo Haris mengatakan, melalui kejuaraan itu, pihaknya ingin melihat sejauh mana perkembangan para pesilat di masing-masing padepokan. Nantinya para pesilat yang menonjol akan dipersiapkan mewakili Kota Semarang di berbagai kejuaraan, di antaranya Popda dan Porprov.

”Untuk kelompok pra-remaja dan remaja diproyeksikan mengikuti Popda SMP dan SMA yang digelar tiap tahun. Sementara di kelompok dewasa akan mewakili Kota ATLAS di ajang Porprov 2017 di Tegal. Meski masih cukup lama, IPSI Kota Semarang memang ingin memulai persiapan lebih awal,” tandas Haris.

(Hendra Setiawan / CN26)

Comments

comments