Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Tanpa Atlet Pelatnas, Biliar Jateng Bidik Empat Emas

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suara merdeka.com - Tak ada pebiliar pelatnas yang membela Jateng pada PON XIX Jabar. Kendati demikian, tim biliar yang selama ini menjalani pelatda di Pekalongan itu tetap pede dalam menghadapi persaingan bola delapan, bola sembilan, carom, maupun snooker.

Empat medali emas bahkan dibidik untuk dibawa pulang dari cabang bola sodok tersebut. ‘’Tentu bukan perkara mudah, lebih-lebih kami tak punya atlet di pelatnas. Tapi saya melihat peluang dan anak-anak memiliki kemampuan untuk mewujudkannya,’’ kata pelatih pelatda biliar Jateng Iwan Soetarto, Senin (5/9).

Pria Solo yang juga Kabid Binpes Pengprov POBSI itu mengungkapkan, target merebut simbol juara terutama ditumpukan kepada Tan Kiong An dari Purworejo yang diplot turun di nomor carom, serta Yoni Rachmanto (Banyumas) di meja snooker/English billiard.

Pesaing Yoni paling ketat diperkirakan atlet-atlet pelatnas dari DKI Jakarta dan Sumatera Utara (Sumut). “Sedangkan rival utama Tan Kiong An di nomor carom adalah James Lengkang dari Papua. Saya yakin, Tan mampu mengatasinya di partai puncak,” ujar Iwan.

Persaingan yang lebih berat lagi bakal mengadang di nomor bola delapan dan bola sembilan. Pebiliar asal Solo Rico Dela Wijaya dan Ricky Yang (Pekalongan) yang diproyeksikan bertarung di arena tersebut bakal dikepung para pebiliar adalan dari berbagai daerah.

“Lawan beratnya adalah pebiliar pelatnas yang bergabung di tim tuan rumah Jabar, DKI Jakarta, Kalbar, Jatim, Banten dan Sulawesi Tengah (Sulteng). Jadi Rico dan Ricky seperti dikepung atlet pelatnas,” tutur Iwan.

Meski demikian, Rico mempunyai keyakinan tinggi untuk mengatasi ketatnya rivalitas di atas meja bola delapan dan bola sembilan. Keyakinan itu dia ungkapkan di sela-sela mengikuti pelepasan atlet PON Jateng asal Solo oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu (4/9).

“Saya telah berlatih keras selama ini. Saya akan mengeluarkan seluruh kemampuan hasil latihan untuk memburu medali emas nanti. Saya yakin, terutama untuk nomor tunggal,’’ tandas Rico.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments