Foto: suaramerdeka.com / dok

Tahun 2017 Yamaha Fokus di Maxi Yamaha

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

BEBERAPA bulan ini sering terlihat tayangan iklan Maxi Yamaha modar mandir di televisi nasional. Mungkin masih banyak yang belum tahu jika Maxi Yamaha merupakan gabungan dari beberapa motor skutik premium Yamaha. Maxi Yamaha awalnya hanya terdiri dari tiga produk saja saat di perkenalkan di ajang IMOS 2016 lalu dengan tagline “Live In The Higher Stage”, namun kini bertambah satu lagi dengan hadirnya Yamaha Aerox 155VVA.

Hadirnya Aerox 155VVA semakin melengkapi keluarga Maxi Yamaha yang tiga di antaranya adalah Yamaha Nmax, Yamaha X Max dan Yamaha T Max. Publik mungkin sudah akrab dengan Yamaha Nmax yang cukup memberi warna di kancah pasar skutik nasional. Bahkan Yamaha Nmax menjadi pilihan utama konsumen yang menginginkan motor matik yang lebih bertenaga dan lain dari yang lain.

Adapun Yamaha X Max dan T Max merupakan matik super premium yang memang mempunyai pasar tersendiri. Yamaha X Max dan T Max juga sudah di perkenalkan pada ajang IMOS tahun lalu namun khusus untuk X Max penjualan resmi nya baru akan di lakukan tahun ini. Yamaha X Max merupakan skutik dengan kapasitas 250cc dengan bodi yang lebih besar dari Nmax. Di pasar Eropa X Max dan T Max sudah duluan di jual dan sambutannya pun cukup bagus meskipun tak seheboh Nmax.

Tahun ini Maxi Yamaha akan mendapatkan perhatian khusus dari PT. Yamaha Indonesia Motor Manufactiring (YIMM) untuk menambah kekuatan di pasar matik nasional.

“Hadirnya Aerox 155VVA menambah kekuatan kami untuk memberi tekanan pada pasar skutik nasional. Sambutan konsumen sangat bagus di mana dalam tiga hari booking online sebanyak 300an unit langsung ludes terpesan. Beberapa tahun terakhir kita sudah fokus pada tipe R Series dan Mio Series, kini di tahun 2017 kami akan fokus di Maxi Yamaha,” terang GM Aftersales & Motorsport PT. YIMM, M. Abidin.

Memang ada perubahan tren di Indonesia saat ini yang mengarah pada pemilihan skutik premium. Seiring pesatnya perkembangan kelas ekonomi menengah, maka terjadi pergeseran keinginan dan kebutuhan akan motor untuk konsumen, khususnya di kelas menengah yang bisa dibilang sudah mencapai kesuksesan. Level kesuksesan itu ditandai dengan kepemilikan rumah, mobil, fix income job atau biasa dibilang eksekutif muda.

“Maxi Yamaha akan memberikan kebanggan tersendiri pride buat pengendaranya karena memiliki motor masterpiece atau yang terbaik di kelasnya dengan keunggulan desain, fitur, performance, technology, comfort dan handling. Khusus untuk Xmax kami memang belum memasarkannya di Indonesia tapi pasti dalam waktu dekat,” tambah M. Abidin.

Lima Motor Laris Yamaha

Mio Series, Nmax dan V-Ixion motor Yamaha paling diburu konsumen sepanjang tahun 2016 dalam data penjualan domestik AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia). Lima besar motor Yamaha terlaris (Januari – Desember 2016 / data AISI) antara lain Mio Series : 389.870 unit, Nmax : 254.826 unit, V-Ixion : 153.128 unit, Fino : 148.554 unit dan All New Soul GT : 118.252 unit.

Area Jakarta masih mendominasi dengan penjualan paling unggul untuk lima tipe terlaris itu. Jawa Barat dan Jawa Tengah juga selalu masuk sebagai area dengan penjualan paling bagus di lima daftar teratas untuk lima tipe terlaris itu. Bali muncul sebagai satu-satunya wakil area non Jawa di daftar penjualan tertinggi Nmax.

Lima besar area penjualan terlaris Nmax (Januari – Desember 2016 / data AISI) adalah Jakarta : 84.245 unit, Jawa Barat : 43.030 unit, Jawa Timur : 30.243 unit, Bali : 22.334 unit, Jawa Tengah : 21.288 unit

Sementara itu, V-Ixion menjadi motor sport paling banyak terjual di tahun 2016 dengan total 153.128 unit. Area Jawa masih terkuat penggemarnya dilihat dari penjualan Januari sampai Desember tahun lalu, ditambah Sumatera Utara yang menyeruak di antaranya.

(Heru Fajar  / CN26)

Comments

comments