Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Sukma Asah Kemampuan ke Prancis

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pebiliar putri PON XIX Jateng, Nur Sukmawati, mendapat kesempatan mengasah kemampuan ke Prancis. Hingga Agustus mendatang, Sukma akan mengikuti berbagai kejuaraan dalam Europe Tour di Negeri Mode itu.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena kemampuannya makin terasah dan makin siap menghadapi PON XIX 2016 Jabar, September mendatang.

Wakil Ketua Umum Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jateng Buntat mengatakan, Sukma mendapat undangan untuk mengikuti ajang biliar Europe Tour. Pihaknya menyambut baik, karena hal itu juga menguntungkan Jateng. Sukma merupakan salah satu dari tiga pebiliar putri dari provinsi ini yang tampil di ajang multicabang empat tahunan tersebut.

”Dia akan bersaing dengan pebiliar putri top Eropa. Tentu selain makin mengasah teknik bermain juga mematangkan mental bertanding. Istilahnya, Sukma menimba ilmu di Eropa. Diharapkan, pengalaman dia bisa dibagikan ke dua pemain biliar putri lain,” tutur Buntat, Jumat (1/4).

Rencananya, 10 pebiliar Jateng yang meraih tiket PON XIX akan digenjot di pemusatan latihan. Pihaknya juga tengah merancang program uji coba bagi atlet dengan ikut ke berbagai kejuaraan nasional biliar. Di Jabar nanti, persaingan akan leboih ketat. Seperti tuan rumah yang diperkuat mantan pebiliar Jateng yakni Amanda Rahayu dan Muhammad Zulfikri.

”Kami tetap optimistis bisa meraih hasil maksimal di PON XIX nanti. Secara permainan, atlet kami mampu bersaing dengan daerah lain. DKI Jakarta masih punya Angelin Ticoalu yang masih menjadi pebilar putri terbaik di Indonesia,” kata dia.

Jateng sendiri masih diperkuat dengan atlet biliar senior Ricky Yang. Dia akan menjadi tumpuan daerah ini pada nomor pool.  Kemudian Nur Sukmawati diharapkan juga mampu bersaing di nomor pool.

Untuk nomor caroom dan snoker berpeluang besar untuk meraih medali PON karena masih memiliki pebiliar lini satu seperti Tan Kiong An maupun Yoni Rahmanto. Untuk Bambang Susilo, Hanarto, Sumarno, Rahman, Rico Delawijaya diyakini bisa membuat kejutan di nomor masing-masing.

(Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments