Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Solo Rancang Pengembangan Voli Pasir

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Invitasi pelajar bola voli pasir yang digelar di Solo, Rabu-Sabtu (10-13/9), memunculkan semangat kalangan pecinta voli Kota Bengawan untuk lebih mengembangkan olahraga tersebut. Lebih-lebih di kota tersebut telah ada klub amatir Vita yang selama ini banyak memproduksi para atlet andal yang mengorbit hingga ke tingkat nasional.

Sekretaris Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Solo Bambang Tuko Wibowo mengungkapkan, sejumlah personel kini tengah menggagas rancangan pengembangan salah satu olahraga permainan itu.

”Kami sudah punya venue, satu lapangan di Manahan. Lapangan ini sudah dua kali digunakan kejuaraan berskala nasional, maka tak ada salahnya voli pasir di Solo dirintis sejak awal untuk ditumbuhkan,” kata dia, Selasa (16/9).

Bambang mengungkapkan, selama ini tak ada pemain voli pasir dari Kota Bengawan yang namanya mengapung di lingkup Jateng apalagi nasional, karena konsentrasi pembibitan lebih mengarah ke voli indoor. ”Lebih-lebih voli indoor  putri, rasanya klub Vita Solo menempati peringkat teratas di Jateng. Nah, sekarang saatnya mulai dirintis untuk voli pantainya,” ujar dia.

Kendati tidak ada jadwal dan atlet khusus yang ditempa untuk bertarung di arena berpasir, namun Solo menurunkan satu tim putra dan satu putri pada Invitasi Pelajar Bola Voli Pasir yang diselenggarakan dalam rangkaian perayaan Haornas 2014 di Solo, pekan lalu.

Pasangan Brian Taufik Hidayat dan Iwan Kusmana, terdaftar sebagai tim Jateng 4 putra. Sementara duet Viananda Lintang Pratuna dan Yantri Ayu Nur merupakan tim Jateng 4 putri. ”Mereka hanya sekitar seminggu berlatih di lapangan pasir, tapi tim putra dari Solo justru menjadi satu-satunya tim Jateng yang menembus babak delapan besar,” ungkap pelatih klub Vita, Agus Suyanto.

Ketua bidang pertandingan Invitasi Pelajar Bola Voli Pasir di Solo, Deddy Whinata mengungkapkan, kejuaraan berlingkup nasional bakal diusahakan terselenggara secara rutin di Kota Bengawan. Kegiatan yang didukung Kemenpora itu telah kali digelar di Solo, yang kejurnas antar-PPLP pada 2013 silam.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments