Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Silat Rancang ”Try Out” ke Thailand

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Pelatda pencak silat Jateng untuk menghadapi PON Jabar 2016 berencana try out ke tlatah seberang. Malaysia dan Thailand merupakan negara yang masuk sasaran dalam rancangan programnya.

”Kancah persilatan di dua negara itu berkembang pesat, sehingga kami akan membawa anak-anak untuk beruji ke sana. Pelaksanaannya sebelum Ramadan, mungkin Mei nanti,” kata pelatih pelatda pencak silat, Indro Catur usai menggembleng fisik para atletnya di Stadion Sriwedari Solo, Senin (14/3).

Dia menambahkan, intensitas komunikasi yang bagus para pelatih silat antarnegara itu bakal memperlancar informasi mengenai penyelenggaraan turnamen terbuka di Malaysia dan Thailand. Jika pada rentang waktu tersebut tidak ada ajang terbuka, maka pihaknya merancang pertandingan segitiga atau segi empat dengan tim-tim provinsi di kedua negara itu.

”Mengapa try out ke luar negeri, karena kalau dipaksakan di Tanah Air justru tidak efektif. Toh bertemunya dengan para pesilat tim-tim provinsi lain, yang notabene menjadi rival Jateng pada PON mendatang,” tutur Catur.

Tak hanya latihan rutin dan try out yang disusun salah satu cabang unggulan Jateng tersebut. Sapto Purnomo dkk juga direncanakan menjalani laga uji coba di daerah sendiri. Lagi-lagi, tim dari negara lain yang akan menjadi rival latih tandingnya.

”Kebetulan, April nanti tim pencak silat Sabah (Malaysia-red) mengadakan training camp (TC) di Solo. Mereka telah berkomunikasi dengan saya. Kesempatan itu sekaligus bisa manfaatkan untuk beruji coba melawan tim PON Jateng,” ujar Catur.

Jateng meloloskan 16 kelas/nomor pada ajang Pra PON di Kaltim, beberapa waktu lalu. Para atlet yang lolos tersebut kini ditempa dengan berbagai materi seperti peningkatan fisik, beban, teknik dan simulasi dalam latihan terpusat di Solo dan Colomadu.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments