Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Silat Indonesia Yakin Tembus Target SEA Games

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Tim pencak silat Indonesia optimistis mampu menembus target dalam SEA Games 2015. Pelatih Indro Catur merasa yakin, para pesilatnya bisa mengemas minimal empat medali emas pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara di Singapura, Juni mendatang.

”Hasil kejuaraan dunia di Thailand, 7-16 Januari lalu, menjadi salah satu tolok ukur kesiapan anak-anak sebelum bertarung di SEA Games. Karena itu, saya yakin tim silat bisa memenuhi target empat emas di Singapura, nanti,” kata Catur, Jumat (23/1).

Tim Indonesia menjadi juara umum pada kejuaraan dunia pencak silat di Negeri Gajah Putih dengan mengemas total sembilan medali emas, tujuh perak dan tiga perunggu. Para atlet yang membawa pulang medali dari ajang <I>single event<P> internasional tersebut, sebagian besar juga awak pelatnas SEA Games.

”Memang sekitar 80 persen penghuni pelatnas adalah pesilat muda yang kurang jam terbangnya. Maka pertarungan di Thailand sekaligus menjadi <I>try out<P> dan ternyata mereka bisa membuktikan performanya tak kalah dengan atlet dari 45 negara peserta ajang itu,” jelas Catur.

Pria asal Solo tersebut menguraikan, Awaludin yang meraih emas kelas A putra ada kejuaraan dunia sangat besar peluangnya untuk menjadi jawara di arena SEA Games. Demikian pula dua atlet Jabar, Wewey Wita di kelas C putri dan Selly A di kelas D putri. Belum lagi para peraih emas nomor seni tunggal putra, ganda putra dan regu putri yang juga baru saja merebut gelar juara pertama di Thailand.

”Mereka yang meraih perak dan perunggu pun masih punya peluang merebut emas SEA Games. Memang tidak semua kelas pencak silat dipertandingkan dalam SEA Games. Tetapi berdasarkan kalkulasi atas hasil positif di kejuaraan dunia, maka kami yakin anak-anak bisa memenuhi target,” tuturnya.

Pihaknya menyiapkan 16 atlet untuk menghadapi pesta olahraga Juni nanti. Mereka digembleng dalam pelatnas di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, sejak pertengahan 2014. ”Mental bertanding mereka akan terus kami tempa di pelatnas. Mudah-mudahan performa puncak benar-benar tercapai saat SEA Games mendatang,” kata Catur.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments