Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Sepi Agenda, Pebalap Sepada Muda Solo Tetap Ditempa

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Balap sepeda sedang sepi agenda kejuaraan. Belum ada rencana ajang adu kebut pada awal 2017 ini. Kendati demikian, para pembalap muda Kota Bengawan tetap ditempa untuk menjaga performa.

“Program latihan mereka untuk sementara pada rute-rute pendek, karena belum ada sasaran pasti untuk menghadapi sebuah kejuaraan,” kata pelatih Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo, Agus Sadiyanto, Kamis (5/1).

Beberapa rute jalan raya yang selama ini menjadi jalur latihan para pembalap muda Kota Bengawan antara lain Solo-Wonogiri, Solo-Janti-Musuk-Boyolali, serta Solo-Karangpandan. Sasaran terpenting dalam latihan tersebut terutama penjagaan kondisi fisik dan performa para atlet.

Para atlet muda Kota Bengawan yang rutin menjalani latihan antara lain Andriyan ‘’Dayat’’ Hidayat, Saputro Reno Wijayanto dan Shindu Ardiyanto. Pembalap gaek Endra Wijaya terkadang juga bergabung dengan para yuniornya dalam latihan tersebut. Hal itu justru semakin memacu atlet-atlet muda untuk terus mengembangkan kemampuan.

Tak hanya atlet Kota Bengawan. Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng yang bermarkas di kawasan Punggawan Solo pun melahap porsi yang hampir sama. Moh Abdul Azis Romdhani dkk lebih sering dipacu pada sore hari.

“Kalau hari libur atau minggu, atlet Solo dan PPLP menjalani latihan bersama-sama,” tambah Agus yang juga pelatih PPLP Balap Sepeda Jateng.

Selain jalur-jalur jalan raya, pembalap-pembalap muda Kota Bengawan juga tetap diasah kondisi fisik dan performanya dalam porsi latihan-latihan sprint. Khusus sesi untuk memacu kecepatan maksimal tersebut, mereka memanfaatkan ruas jalan tol Solo-Kertosono yang telah terbangun di kawasan Sawahan.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments