Foto: Crash.net

Sebastian Vettel Menangi GP Singapura

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

SINGAPURA, suaramerdeka.com - Hasil manis berhasil dibukukan Sebastian Vettel usai memenangi GP Singapura yang dihelat di Marina Bay Street Circuit, Minggu (20/9). Dengan waktu dua jam, satu menit dan 22,118 detik, Vettel mengungguli Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonen di posisi kedua dan ketiga, sementara Lewis Hamilton gagal menuntaskan race.

Sejak awal balapan, Vettel memanfaatkan dengan baik posisi terdepan untuk memimpin race saat memasuki tikungan pertama. Posisi kedua masih dipunya Daniel Ricciardo dan Kimi juga bertahan di urutan tiga setelah start. Komposisi tersebut tak berubah hingga lap 10.

Virtual safety car pertama muncul di lap 14 menyusul kecelakaan yang melibatkan Felipe Massa dengan Nico Hulkenberg. Momen ini dimanfaatkan beberapa driver untuk melakukan pit stop pertamanya, termasuk Vettel, Riciardo, dan Raikkonen.

Di Lap 27, Hamilton mendapat masalah setelah mobilnya kehilangan tenaga sehingga bisa disusul Rosberg, Kvyat dan Botas. Posisinya pun turun ke posisi delapan dan kemudian keluar dari 10 besar. Di lap 33, Hamilton harus menuntaskan balapan lebih cepat setelah upaya memperbaiki kerusakan yang terjadi gagal dilakukan.

Di lap yang sama Alonso juga harus out dari balapan. Ini menjadi kali keenam Alonso menuntaskan balapan tanpa menyentuh garis finis di musim 2015. Lap 38 safety car keluar lagi, kali ini karena ada seseorang berjalan di lintasan. Beberapa momen seru terjadi setelah restart. Salah satunya adalah tabrakan antara Button dan Maldonado di tikungan 15 lap 42. Karena sayap depan mobilnya rusak, Button harus masuk pit.

Tak ada perubahan posisi terjadi di baris depan sampai balapan tuntas di lap 61. Vettel meraih kemenangan di Singapura, melanjutkan sukses serupa yang dia raih di tahun 2011, 2012 dan 2013. Ini menjadi kemenangan nomor tiga Vettel di musim 2015, setelah dua yang pertama dia raih di Malaysia dan Hongaria.

Komposisi klasemen pebalap di posisi teratas belum berubah seiring hasil balapan di Singapura. Hamilton masih kokoh dengan 252 poin, namun keunggulannya dari Rosberg berkurang dari sebelumnya 53 menjadi 41. Rosberg kini mengumpulkan 211 poin. Sementara Vettel ada di posisi tiga dengan 203 poin. Dengan masih ada enam balapan lagi setelah seri Singapura, persaingan menjadi juara F1 2015 masih akan berjalan seru.

Hasil GP Singapura

1. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari 61 laps 2hr 01m 22.118s
2. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +xs
3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +xs
4. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +xs
5. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +xs
6. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +xs
7. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +xs
8. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +xs
9. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault +xs
10. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +xs

11. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +xs
12. Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes +xs
13. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +2 laps
14. Alexander Rossi USA Manor-Ferrari +2 laps
15. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps

Not Classified

Rtd. Jenson Button GBR McLaren-Honda
Rtd. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda
Rtd. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes
Rtd. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes
Rtd. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments